Jurnal Politik Muda
ISSN 2302-8068
Vol. 4 / No. 3 / Published : 2015-08
Order : 1, and page :235 - 241
Related with : Scholar Yahoo! Bing
Original Article :
Strategi marketing politik calon legislatif partai demokrasi indonesia perjuangan (pdi-p) pada pemilu legislatif 2014 di kabupaten sidoarjo
Author :
- Muhammad Burhanudin*1
- Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Abstract :
Artikel ini mengungkap bahwa peningkatan perolehan suara dan kursi PDI-P di Kabupaten Sidoarjo sedikit banyak dipengaruhi oleh adanya isu Jokowi Effect yang berkembang luas di masyarakat. Studi ini akan mencari tahu bagaimana strategi marketing politik yang dijalankan oleh para calon legislatif PDI-P DPRD Kabupaten Sidoarjo untuk membangun elektabilitasnya. Selain itu, penelitian ini difokuskan untuk mencari tahu pola variasi strategi yang dijalankan oleh setiap caleg PDI-P di Kabupaten Sidoarjo. Untuk menjawab fokus penelitian tersebut maka metode yang digunakan adalah metode kualitatif-deskriptif dengan melakukan wawancara terhadap caleg PDI-P sehingga diketahui bagaimana strategi yang dilakukan oleh caleg. Teori marketing politik digunakan untuk menganalisa temuan data yang ada sehingga dapat diketahui bagaimana implementasi marketing politik terhadap strategi yang dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa caleg cenderung variatif dalam melakukan strategi marketing politiknya. Antar caleg terdapat perbedaan dalam menggunakan strategi termasuk dalam memanfaatkan isu Jokowi effect sebagai startegi marketing politiknya. Strategi marketing politik yang diterapkan oleh para caleg PDI-P cenderung variatif dan adaptif terhadap pemilih. Selain itu temuan juga menunjukkan bahwa yang bekerja sebagai mesin pencalonan caleg lebih memanfaatkan jaringan politik pribadi daripada jaringan eletoral partai.
Keyword :
Marketing Politik, , Partai Politik, , Jokowi Effect, , PDI Perjuangan, , Pemilu,
References :
Martin, Harrop.,(1990) Political Marketing. Vol 43, No. 3. Pp. 277-291 : Parliamentary Affairs
Marshment, Jennifer Lees. ,(2001) The Marriage of Politics and Marketing. Volume 49, No. 4, pp. 692-713 : Political Studies
O’ Cass A,(1996) Political marketing and the marketing concept. vol. 30, no.10-11, pp. 45-61 : European Journal of Marketing,
Archive Article
Cover Media | Content |
---|---|
![]() Volume : 4 / No. : 3 / Pub. : 2015-08 |
|