UNIVERSITAS AIRLANGGA



Detail Article

Jurnal Politik Muda

ISSN 2302-8068

Vol. 7 / No. 2 / Published : 2019-11

Order : 10, and page :119 - 133

Related with : Scholar   Yahoo!   Bing

Original Article :

Strategi pemasaran politik pasangan pasangan khofifah indar parawansa–emil elestianto dardak pada pemilihan gubernur jawa timur 2018

Author :

  1. Ranny Winda Kartika Sari*1
  1. Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Abstract :

Penelitian ini membahas strategi pemasaran politik pasangan Khofifah-Emil pada Pemilihan Gubernur Jawa Timur 2018, metode yang digunakan deskriptif kualitatif, peneliti mendeskripsikan strategi pemasaran politik Khofifah-Emil untuk memenangkan Pemilihan Gubernur Jawa Timur 2018. Teori yang digunakan menganalisis penelitian ini adalah teori Smith and Hirst (2001) yang membahas segmentation, targeting, dan positioning. Proses analisis selanjutnya menggunakan teori proses pemasaran politik Niffenegger (1998) yang membahas product, place, promotion dan price. Segmentasi pemilih Jawa Timur dibagi berdasarkan wilayah, demografi pemilih, sosial budaya, dan sebab akibat memilih. Khofifah-Emil menentukan target suara yang harus didapatkan untuk mencapai kemenangan dan mengerjakan segmen pemilih yang potensial, yaitu segmen pemilih milenial, segmen pemilih perempuan, segmen pemilih religius, dan segmen pemilih rasional. Membangun indentitas yang unggul dari lawan. Membuat produk politik yang unggul dan mensosilisasikan produk dengan promosi. Menentukan tempat-tempat promosi yang efektif menjangkau pemilih. Memenuhi harga ekonomi yaitu dana kampanye dan harga psikologis yaitu kenyamanan pemilih terhadap latarbelakang agama dan etnis Khofifah-Emil. Dengan strategi pemasaran politik yang terencana dan menyeluruh akan mempu membawa pada kemenangan dalam Pilgub Jatim 2018.

Keyword :

strategi, pemasaran politik, pemilihan gubernur,


References :

Niffenegger, Philip B,(1998) Strategies For Success From The Political Marketers Vol. 2 Iss 316 : Journal Of Services Marketing

Nursal, Adman,(2014) Political Marketing Strategi Memenangkan Pemilu Sebuah Pendekatan Baru Kampanye Pemilihan DPR, DPD, Presiden -- : Jakarta: Gramedia





Archive Article

Cover Media Content

Volume : 7 / No. : 2 / Pub. : 2019-11
  1. Kinerja Muslimat Nu Dalam Strategi Pemenangan Pasangan Khofifah-emil Pada Pemilihan Gubernur Jawa Timur 2018
  2. Gerakan Petani Desa Gaji Dalam Memperjuangkan Lahannya Yang Diklaim Pt. Semen Indonesia (persero) Tbk.
  3. Studi Strategi Mobilisasi Gerakan Menuntut Underpass Tol Pasuruan-probolinggo Oleh Petani Desa Klampok
  4. Peran Pemerintah Daerah Dalam Pembangunan Obyek Wisata Di Kota Batu: Studi Perspektif Kebijakan Perkotaan
  5. Peran Pemerintah Dalam Implementasi Kebijakan Lingkungan Di Kabupaten Sidoarjo
  6. Performa Kebijakan Dalam Revitalisasi Pasar Tradisional Terapung Muara Kuin Siring Kota Banjarmasin
  7. Politik Ekonomi Dalam Pembangunan Jalur Lingkar Luar Barat Kota Surabaya
  8. Komunikasi Politik Antara Calon Legislatif Pkb Dan Warga Nahdliyin Dalam Pemilihan Umum 2014: Studi Pada Dapil 1 Jawa Timur (surabaya-sidoarjo)
  9. Gerakan Sosial Dan Perubahan Kebijakan : Studi Kasus Gerakan Masyarakat Silo Dalam Pencabutan Izin Usaha Tambang Emas Di Jember
  10. Strategi Pemasaran Politik Pasangan Pasangan Khofifah Indar Parawansa–emil Elestianto Dardak Pada Pemilihan Gubernur Jawa Timur 2018