UNIVERSITAS AIRLANGGA



Detail Article

Jurnal Politik Muda

ISSN 2302-8068

Vol. 5 / No. 3 / Published : 2016-08

Order : 10, and page :369 - 374

Related with : Scholar   Yahoo!   Bing

Original Article :

Strategi pemasaran politik pasangan sambari-qosim dalam pemilihan kepala daerah gresik 2015

Author :

  1. Ajeng Niadharma *1
  1. Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Abstract :

Penelitian ini mengkaji strategi pemasaran politik pasangan Sambari-Qosim dalam Pemilihan Kepala Daerah Gresik 2015. Tingkat elektabilitas pasangan Sambari dan Qosim yang masih tinggi serta soliditas antar keduanya yang tidak pecah dalam Pilkada 2015 membuat bentuk pemasaran politik yang dilakukan memiliki kemudahan untuk meraih suara terbanyak pada Pemilihan Kepala Daerah Gresik tahun 2015. Pertanyaan penelitian yang muncul ialah strategi pemasaran politik seperti apakah yang dilakukan Sambari dan Qosim bersama tim pemenangan dalam Pilkada Gresik 2015. Untuk menjawab pertanyaan politik tersebut, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan subjek penelitian adalah pasangan Sambari dan Qosim, anggota tim pemenangan dari partai pengusung yaitu PKB dan Partai Demokrat serta tim sukses Sambari-Qosim lainnya. Hasil penelitian ini ialah pasangan Sambari dan Qosim melakukan strategi pemasaran politik dengan melakukan pendekatan dan branding politik yang sudah dilakukan sejak Sambari dan Qosim menjabat sebagai Bupati dan Wakil Bupati Gresik 2010. Penyampaian pembangunan yang sudah dilakukan Sambari dan Qosim juga menjadi strategi pemasaran politik mereka dalam menyampaikan kepada masyarakat. Tingkat elektabilitas yang masih cukup tinggi juga membuat banyaknya relawan Sambari dan Qosim untuk menjadi pendukung dalam pemenangannya. Banyaknya aspek pendukung kemenangan Sambari dan Qosim sehingga dapat memperoleh suara terbanyak di seluruh 18 kecamatan kabupaten Gresik, sehingga Sambari dan Qosim terpilih kembali sebagai Bupati dan Wakil Bupati Gresik tahun 2015.   Kata kunci : 

Keyword :

Strategi, , Pemasaran politik, , Pemilihan Kepala Daerah, , Gresik,


References :

O’Shaughnessy, Nicholas. ,(2001) The Marketing of Political Marketing. Vol. 35, No. 9/10, pp. 1047-1057. : European Journal of Marketing,

Wring, Dominic. ,(1997) Reconciling Marketing with Political Science: Theories of Political Marketing. Vol. 13, pp. 651-663. : Journal of Marketing Management,

Firmanzah.,(2008) Marketing Politik: Antara Pemahaman dan Realitas. vol.5 no.3 : Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia





Archive Article

Cover Media Content

Volume : 5 / No. : 3 / Pub. : 2016-08
  1. Elite Politik Dalam Kontenstasi Di Desa Dengan Menggunakan Studi Peran Blater Dalam Pilkades Di Desa Banjar, Galis, Bangkalan Madura
  2. Ekonomi Politik Keuangan Mikro: Finansialisasi Kemiskinan Dalam Kebijakan Dana Bergulir Di Kabupaten Sidoarjo
  3. Strategi Gerakan Lingkar Ganja Nusantara Dalam Memperjuangkan Legalisasi Ganja Di Indonesia
  4. Faksionalisasi Ormas Pemuda Pancasila Dalam Tim Sukses Prabowo-hatta Di Pilpres Tahun 2014
  5. Relasi Pemilik Kapital Dengan Kekuasaan Dalam Tata Niaga Bawang Merah Di Kabupaten Nganjuk
  6. Konflik Kepentingan Antar Warga Remen Dan Pt. Trans Pacific Petrochemical Indotama Di Kabupaten Tuban
  7. Dinamika Politik Internal Partai Kebangkitan Bangsa Dalam Proses Penentuan Kandidat Calon Wakil Bupati Sidoarjo 2015
  8. Peran Partai Politik Dalam Pemilihan Kepala Daerah: Studi Upaya Partai Golkar Dalam Memenangkan Pasangan Calon Juliyatmono - Rohadi Di Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Karanganyar Tahun 2013
  9. Dinamika Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama Wilayah Jawa Timur Dalam Pemilihan Umum Gubernur Jawa Timur 2013
  10. Strategi Pemasaran Politik Pasangan Sambari-qosim Dalam Pemilihan Kepala Daerah Gresik 2015
  11. Pengaruh Karakteristik Sosial Ekonomi Dan Persepsi Keberhasilan Implementasi Kebijakan Terhadap Pilihan Walikota Masyarakat Pilkada Kota Surabaya Tahun 2015