Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan
ISSN 2301-7104
Vol. 4 / No. 3 / Published : 2015-12
Order : 8, and page :210 - 218
Related with : Scholar Yahoo! Bing
Original Article :
hubungan antara identitas peran pekerja dengan keterlibatan ibu yang bekerja pada pendidikan anak usia dini
Author :
- Titin Ayunda E.W*1
- Nur Ainy Fardana Nawangsari*2
- Mahasiswa Fakultas Psikologi
- Dosen Fakultas Psikologi
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara identitas peran pekerja dengan keterlibatan orang tua pada ibu yang bekerja. Subjek penelitian ini adalah ibu yang bekerja dan memiliki anak usia 4-6 tahun dengan jumlah subjek sebanyak 55 orang. Penelitian ini menggunakan alat ukur yang disusun berdasarkan teori identitas peran Stryker (2000) dan keterlibatan Hoover-dempsey (1997). Identitas adalah harapan peran yang dinternalisasikan oleh individu sebagai bagian dari dirinya. Manusia hidup di dalam masyarakat dan memainkan peran-peran. Pada setiap peran yang dimainkan terdapat identitas yang berkaitan dengan peran tersebut.identitas yang dimiliki individu tersusun dalam sebuah salience hierarchy. Semakin menonjol suatu identitas semakin sering individu memunculkan perilaku terkait dengan peran tersebut. Keterlibatan di definisikan sebagai partisipasi yang dilakukan oleh orang tua dalam proses pendidikan anaknya. keterlibatan ibu dalam proses pendidikan anaknya berupa home-based involvement dan school-based involvement.Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan metode non probality sampling (purposive sampling). Analisis data menggunakan teknik korelasi Spearman’s Rho dengan bantuan program SPSS versi 16.Hasil penelitian menunjukkan tidak ada hubungan antara identitas peran pekerja dengan keterlibatan ibu yang bekerja dengan taraf signifikansi (p. Sig) > 0,05 yaitu 0,375.
Keyword :
Identitas, Keterlibatan, Ibu yang Bekerja.,
References :
Arnold, D.H., Zeljo, A., Doctoroff, G.L., & Ortiz, ,(2008) Parent Involvement in Preschool: Predictors and The Relation of Involvement to Preliteracy Development. Vol. 37, No. 1. : School Psychology Review,
Archive Article
Cover Media | Content |
---|---|
![]() Volume : 4 / No. : 3 / Pub. : 2015-12 |
|