Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan
ISSN 2301-7104
Vol. 4 / No. 2 / Published : 2015-08
Order : 5, and page :115 - 120
Related with : Scholar Yahoo! Bing
Original Article :
pengaruh psikoedukasi penanganan anak dengan gangguan spektrum autisme terhadap pengetahuan guru dan sikap guru terhadap inklusi anak dengan gangguan spektrum autisme di sekolah inklusi
Author :
- Astra Bella Flamboyan *1
- Pramesti Pradna Paramita*2
- Mahasiswa Fakultas Psikologi
- Dosen Fakultas Psikologi
Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh psikoedukasi penanganan anak dengan gangguan spektrum autisme terhadap pengetahuan guru dalam menangani anak dengan gangguan spectrum autisme dan sikap guru terhadap inklusi anak dengan gangguan spektrum autisme. Pengetahuan dalam pengertian ini melibatkan proses mengingat kembali hal-hal yang spesifik dan universal, mengingat kembali metode dan proses, atau mengingat kembali pola, struktur atau setting. Sikap guru terhadap inklusi adalah gambaran yang positif atau negatif dari komitmen guru dalam mengembangkan anak berkebutuhan khusus yang menjadi tanggung jawab guru dan juga menggambarkan sejauh mana anak berkebutuhan khusus diterima di sebuah sekolah. Bentuk penelitian yang dipakai adalah penelitian eksperimen, dengan jumlah subjek sebanyak 30 orang. Alat pengumpulan data berupa instrumen tes pengetahuan terdiri dari 40 butir yang disusun oleh Pramesti Pradna Paramita, M.Ed.Psych. dan alat ukur skala sikap guru (STATIC) yang diadaptasi dari alat ukur yang disusun oleh Cochran. Analisis data dilakukan dengan teknik statistik uji perbedaan Wilcoxon Signed Rank Test, dengan bantuan program statistik SPSS versi 20. Hasil analisis data penelitian diperoleh nilai perbedaan antara pretest dan posttet sebesar 0.004 dan nila perbedaan sikap guru sebelum dan sesudah pelatihan sebesar 0.799. Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh pelatihan terhadap peningkatan pengetahuan guru. Sikap guru tidak menunjukkan perbedaan sebelum dan sesudah pelatihan.
Keyword :
Pengetahuan guru;, Sikap guru, Psikoedukasi, Pelatihan, Gangguan spektrum autisme,
References :
Avramidis, E., Bayliss, P., & Burden, R. (,(2000) A survey into mainstream teachers’ attitudes towards the inclusion of children with special educational needs in the ordinary school in one local education authority 20(2), 191 : Educational Psychology: An International Journal of Experimental Educational Psychology,
Archive Article
Cover Media | Content |
---|---|
![]() Volume : 4 / No. : 2 / Pub. : 2015-08 |
|