Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan
ISSN 2301-7104
Vol. 7 / No. 6 / Published : 2018-12
Order : 4, and page :29 - 51
Related with : Scholar Yahoo! Bing
Original Article :
Gambaran self efficacy pada mahasiswa tunanetra
Author :
- Raiza Aulia*1
- Duta Nurdibyanandaru*2
- Mahasiswa Fakultas Psikologi
- Dosen Fakultas Psikologi
Abstract :
Penelitian ini dilakukan penulis bertujuan untuk mengetahui memahami gambaran mahasiswa tunanetra untuk mencapai self efficacynya dalam empat aspek yaitu kognitif, motivasi, afektif, dan seleksi dalam menunjukkan peristiwa yang terjadi seperti kondisi emosional yang mementingkan diri sendiri daripada pengaruh orang lain (Bandura, 1997). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe studi kasus instrumental. Pemilihan partisipan menggunakan non-probability sampling dengan teknik purposive sampling terdiri dari dua laki-laki dan satu perempuan. Proses pengambilan data menggunakan wawancara dan menggunakan analisa tematik theory-driven. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa gambaran self efficacy masing-masing mahasiswa tunanetra memiliki perbedaan erat antara komponen-komponennya. Mahasiswa tunanetra bersungguh-sungguh dalam menempuh pendidikan S1 atas kemauan sendiri dengan keterbatasan yang ada dalam kognitif. Pada motivasi mereka ingin melanjutkan pendidikan studi S2. Pada afektif, mahasiswa tunanetraketika merasa down akan mendengarkan lagu dan bernyanyi. Terakhir seleksi, mahasiswa tunanetra memiliki kesulitan dalam membangun relasi dengan teman atau orang baru yang berdampak pada kesulitan mencari informasi.
Keyword :
gambaran self efficacy, mahasiswa tunanetra, prestasi, self efficacy,
References :
Hidayat, A. A., & Suwandi, A. (2016). Pendidikan anak berkebutuhan khusus tunanetra: Pesertadidik berkebutuhan khusus dengan hambatan penglihatan dalam perspektif pendidikandan layanan. Jakarta Timur: Luxima Metro Media.
Archive Article
Cover Media | Content |
---|---|
![]() Volume : 7 / No. : 6 / Pub. : 2018-12 |
|