Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan
ISSN 2301-7104
Vol. 4 / No. 2 / Published : 2015-08
Order : 6, and page :121 - 127
Related with : Scholar Yahoo! Bing
Original Article :
Hubungan antara persepsi siswa terhadap tutor dengan school engagement pada siswa usia remaja awal yang mengikuti pembelajaran peer tutoring
Author :
- Ayu Amaliyah*1
- Iwan Wahyu Widayat e*2
- Mahasiswa Fakultas Psikologi
- Dosen Fakultas Psikologi
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi siswa terhadap tutor dengan school engagement pada siswa usia remaja awal yang mengikuti pembelajaran peer tutoring. Penelitian ini dilakukan di SMP Muhammadiyah 5 Surabaya dengan jumlah subjek penelitian sebanyak 52 siswa, dengan kisaran usia antara 13 hingga 15 tahun. Alat pengumpul data berupa skala persepsi siswa terhadap tutor yang disusun berdasarkan aspek dan kategori peer tutoring oleh Harootunian (2007) sebanyak 26 aitem dan skala school engagement yang disusun oleh Purwita (2013) sebanyak 24 aitem. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik non parametrik dengan teknik spearman rho. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan antara persepsi siswa terhadap tutor dengan school engagement pada siswa usia remaja awal yang mengikuti pembelajaran peer tutoring dengan koefisien korelasi sebesar -0,005 dan taraf signifikansi sebesar 0,969 (p<0,05). Tidak adanya hubungan antara antara persepsi siswa terhadap tutor dan school engagement juga menunjukkan kondisi hubungan yang sangat lemah.
Keyword :
Peer tutoring, Persepsi, School engagement, Siswa remaja awal,
References :
Johnson, W.D., Johnson, R.T., & Roseth,C,(2010) Cooperative learning in middle schools, interrelationship in relationship and achievement. 5, 1, 1-18. : Middle Grades Research Journal
Archive Article
Cover Media | Content |
---|---|
![]() Volume : 4 / No. : 2 / Pub. : 2015-08 |
|