UNIVERSITAS AIRLANGGA



Detail Article

Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan

ISSN 2301-7104

Vol. 7 / No. 3 / Published : 2018-06

Order : 7, and page :65 - 74

Related with : Scholar   Yahoo!   Bing

Original Article :

Hubungan antara student autonomy dengan problematic internet use pada mahasiswa

Author :

  1. Aulia Adriana Safitri*1
  2. Tino Leonardi*2
  1. Mahasiswa Fakultas Psikologi
  2. Dosen Fakultas Psikologi

Abstract :

Mahasiswa diharapkan mampu memiliki sikap otonomi dalam belajarnya untuk mencapai pencapaian akademik yang tinggi, bila otonomi mahasiswa rendah maka dapat mengalami problematic internet use. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui adanya hubungan antara student autonomy dengan problematic internet use pada mahasiswa. Subjek dalam penelitian ini yaitu berstatus mahasiswa Universitas Airlangga, berusia 19 – 22 tahun, serta menggunakan internet minimal 5 jam/hari dengan total subjek 263 mahasiswa. skala yang digunakan yaitu Autonomous Learning Scale (ALS) berjumlah 12 item dan Generalized Problematic Internet Use 2 (GPIUS2) berjumlah 15 item. Teknik pengambilan data menggunakan purposive sampling serta analisis data menggunakan uji korelasi Spearman Rho. Hasil penelitian ini yaitu terdapat hubungan antara student autonomy dengan problematic internet use pada mahasiswa dengan koefisien korelasi -0,309 dan arahnya negatif.

Keyword :

autonomy, mahasiswa, problematic internet use, student autonomy,


References :

Lavoie, J. A., & Pychyl , T. A. (2001). Cyberslacking and the procrastination superhighway: A web-based survey of online procrastination, attitudes, and emotion. Social Science Computer Review, 19, 431–444.

Young, K. S. (2004). Internet addiction: A new clinical phenomenon and its consequences. American Behavioral Scientist, 402-415.





Archive Article

Cover Media Content

Volume : 7 / No. : 3 / Pub. : 2018-06
  1. Penyesuaian Sosial Siswa Slow Learner Di Smp Inklusi Pada Tahun Pertama
  2. Gambaran Gaya Hidup Brand Minded Pada Remaja Putri
  3. Hubungan Self-control (kontrol Diri) Dengan Juvenile Delinquency Pada Anak Didik Di Lpka Blitar
  4. Hubungan Antara Dimensi Sibling Relationship Dengan Psychological Well-being Pada Remaja Yang Memiliki Saudara Kandung Down Syndrome
  5. Hubungan Antara Resiliensi Dengan Orientasi Masa Depan Anak Jalanan Peserta Didik Formal Di Surabaya
  6. Pengaruh Kontrol Diri Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Perilaku Menyontek Di Sma “x” Di Surabaya
  7. Hubungan Antara Student Autonomy Dengan Problematic Internet Use Pada Mahasiswa