UNIVERSITAS AIRLANGGA



Detail Article

Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan

ISSN 2301-7104

Vol. 4 / No. 2 / Published : 2015-08

Order : 7, and page :128 - 139

Related with : Scholar   Yahoo!   Bing

Original Article :

Kekerasan dalam pacaran (dating violence) ditinjau dari persepsi anak terhadap pola asuh orangtua pada korban remaja madya

Author :

  1. Damita Emeraldy*1
  2. Herdina Indrijati*2
  1. Mahasiswa Fakultas Psikologi
  2. Dosen Fakultas Psikologi

Abstract :

pacaran (dating violence) berdasarkan pola asuh orangtua otoriter, demokratis, penelantar, dan permisif pada korban remaja madya di Surabaya. Penelitian ini dilakukan pada remaja berusia 15 tahun hingga 18 tahun dengan jumlah subjek penelitian sebanyak 23 orang yang berada di Surabaya. Pengumpulan data berupa kuesioner kekerasan dalam pacaran (dating violence) yang merupakan translasi dari The Revised Conflict Tactics Scales (CTS2) milik Murray A. Straus (1996) dan terdiri dari 46 butir dan pola asuh orangtua yang terdiri dari 45 butir. Analisa data dilakukan dengan teknik statistik komparasi Analisis of Variance (ANOVA) One Way dengan bantuan program statistik SPSS versi 18.0. Dari analisis data penelitian diperoleh nilai komparasi antara pola asuh otoriter, demokratis, penelantar, dan permisif berdasarkan kekerasan dalam pacaran sebesar 0,883 dengan p sebesar 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan kekerasan dalam pacaran (dating violence) berdasarkan persepsi terhadap pola asuh orangtua pada korban remaja madya di Surabaya.

Keyword :

Kekerasan dalam pacaran, Pola asuh orangtua, Korban;, Remaja madya,


References :

Werkele, C., & Wolfe, D. A.,(1999) Dating violence in mid-adolescence: theory, significance, and emerging prevention initiatives. 19(4), 435-456. : Clinical Psychology Review,





Archive Article

Cover Media Content

Volume : 4 / No. : 2 / Pub. : 2015-08
  1. Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Social Coping Strategy Pada Mahasiswa Berbakat (gifted)
  2. Pengaruh Pemberian Permainan Tradisional Terhadap Penyesuaian Sosial Siswa Slow Learner Di Sekolah Inklusi Di Surabaya
  3. Strategi Mengembangkan Kecerdasan Emosi Siswa Dalam Pendidikan Karakter Di Smart Ekselensia Indonesia
  4. Hubungan Antara Persepsi Terhadap Pola Asuh Orangtua Dengan Sibling Rivalry Pada Remaja Awal
  5. Pengaruh Psikoedukasi Penanganan Anak Dengan Gangguan Spektrum Autisme Terhadap Pengetahuan Guru Dan Sikap Guru Terhadap Inklusi Anak Dengan Gangguan Spektrum Autisme Di Sekolah Inklusi
  6. Hubungan Antara Persepsi Siswa Terhadap Tutor Dengan School Engagement Pada Siswa Usia Remaja Awal Yang Mengikuti Pembelajaran Peer Tutoring
  7. Kekerasan Dalam Pacaran (dating Violence) Ditinjau Dari Persepsi Anak Terhadap Pola Asuh Orangtua Pada Korban Remaja Madya
  8. Pengaruh Konformitas Terhadap Intensi Perilaku Menyontek Pada Siswa Sman 12 Surabaya
  9. Makna Hidup Pada Ibu Dengan Hiv/aids