Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan
ISSN 2301-7104
Vol. 4 / No. 1 / Published : 2015-04
Order : 2, and page :9 - 17
Related with : Scholar Yahoo! Bing
Original Article :
Keterlibatan orang tua dalam pendidikan anak di tk anak ceria
Author :
- Mega Silvia Retnaningtya*1
- Pramesti Pradna Paramitha*2
- Mahasiswa Fakultas Psikologi
- Dosen Fakultas Psikologi
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk keterlibatan orangtua, faktor yang mempengaruhi keterlibatan orangtua, dan dampak keterlibatan orangtua dalam pendidikan anak di TK Anak Ceria. Keterlibatan orangtua adalah partisipasi orangtua dalam proses dan pengalaman pendidikan pada anak (Jeynes, 2005 dalam Hornby & Witte, 2010). Menurut Hornby (2005) keterlibatan orangtua dibagi menjadi dua piramida besar, yaitu parental contribution (information, collaboration, resource, policy) dan parental needs (communication, liaison, education, support). Di sisi lain faktor faktor yang mempengaruhi keterlibatan orangtua antara lain adalah motivational beliefs, parent's perception of invitations to involvement from other, dan parent's perception of life context variables yang mengacu pada Hoover Dempsey & Sandler, dkk (2007). Akan tetapi dampak yang diberikan berbeda beda tergantung dengan fokus penelitian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus pada lima orangtua (ayah atau ibu) yang memiliki anak usia pra sekolah di TK Anak Ceria. Penggalian data dan informasi dilakukan dengan melakukan wawancara dengan panduan umum dan observasi dengan panduan KPSP (Kuesioner Pra Skrining Perkembangan). Teknik analisis data yang dilakukan dengan menggunakan analisis tematik dengan theory driven. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kelima subjek menampakkan bentuk tingkatan (level) keterlibatan yang berbeda satu sama lain. Khusus pada tingkatan policy (kebijakan), kelima subjek sama sama tidak menunjukkan keterlibatan. Akan tetapi kelima subjek menampakkan bentuk collaboration (kolaborasi) dan liaison (kepenghubungan). Faktor parental self efficacy (keyakinan diri orangtua) dan faktor ketersediaan time and energy (waktu dan energi) adalah faktor pendorong bagi ketiga subjek untuk ikut terlibat di dalam pendidikan anak. Dampak yang ditemukan ketika orangtua terlibat di dalam pendidikan anak sangat beragam bagi tiap tiap subjek.
Keyword :
Keterlibatan Orangtua, Pendidikan Anak, Inklusif,
References :
Audifax,(2008) Research: sebuah pengantar untuk "mencari-ulang" metode penelitian dalam psikologi Yokyakarta : Jalasutra
Archive Article
Cover Media | Content |
---|---|
![]() Volume : 4 / No. : 1 / Pub. : 2015-04 |
|