Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan
ISSN 2301-7104
Vol. 6 / No. 4 / Published : 2017-12
Order : 3, and page :25 - 43
Related with : Scholar Yahoo! Bing
Original Article :
Penerapan layanan bimbingan kelompok terhadap persepsi kemandirian remaja
Author :
- Iqbal Bafadal*1
- Mareyke M.A.W. Tairas*2
- Mahasiswa Fakultas Psikologi
- Dosen Fakultas Psikologi
Abstract :
Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh penerapan layanan bimbingan kelompok dengan materi tugas perkembangan terhadap persepsi kemandirian remaja. Desain eksperimen dalam penelitian ini menggunakan pre-test post-tes design dengan subjek siswa kelas X SMAN 1 Sembalun Lombok Timur berusia 14-18 tahun berjumlah 24 siswa menggunakan skala kemandirian terdiri dari 33 item dengan norma skala perhitungan untuk mengukur kenaikan skor persepsi kemandirian siswa antara pre-test dan post-test. Teknik analisa data menggunakan uji statistik paired sample t-test.Hasil uji analisa data menunjukkan ada perbedaan yang signifikan antara skor kemandirian pre-test dan post-test setelah dilakukan perlakuan. Dapat dilihat dari perolehan jumlah skor kemandirian sebelum dilakukan layanan bimbingan kelompok dengan kategori sedang sejumlah 20 siswa menjadi 5 siswa dan kategori tinggi dari 4 siswa menjadi 19 siswa. Hasil uji paired sample t-test nilai signifikansi (2-tailed) = 0,00 < α = 0.05, maka Ho ditolak yang berarti ada perbedaan pada persepsi kemandirian sebelum dan setelah dilakukan eksperimen
Keyword :
bimbingan kelompok, persepsi kemandirian, remaja,
References :
Barker, Chris. ,(2004) Cultural Studies: Teori dan Praktik. 1 : Kreasi Wacana. Jogjakarta.
Miles, M.B. and Huberman, A.M. ,(1992) Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber tentang Metode-metode Baru. Penerjemah Tjejep Rohendi Rohidi. 1 : Jakarta: UI Press
Archive Article
Cover Media | Content |
---|---|
![]() Volume : 6 / No. : 4 / Pub. : 2017-12 |
|