UNIVERSITAS AIRLANGGA



Detail Article

Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan

ISSN 2301-7104

Vol. 6 / No. 4 / Published : 2017-12

Order : 5, and page :64 - 73

Related with : Scholar   Yahoo!   Bing

Original Article :

Pengaruh keterlibatan orangtua terhadap prestasi belajar peserta didik berkebutuhan khusus di smk negeri 1 buduran kabupaten sidoarjo

Author :

  1. Kurnia Adita Asri*1
  2. Prihastuti*2
  1. Mahasiswa Fakultas Psikologi
  2. Dosen Fakultas Psikologi

Abstract :

Penelitian untuk mengetahui apakah keterlibatan orangtua berpengaruh terhadap prestasi belajar peserta didik indklusi di sekolah menengah kejuruan (SMK) negeri 1 Buduran Kabupaten Sidoarjo. Prestasi belajar merupakan hasil pendidikan peserta didik di sekolah yang dinyatakan sesudah hasil penilaian (Djamarah, 1994), Keterlibatan orangtua dalam pendidikan anak adalah mekanisme partisipasi orangtua dengan memberikan dorongan, memberikan contoh, memberikan penguatan, danmemberikan instruksi dengan tujuan untuk meningkatkan prestasi akademik anak (Hoover-Dempsey, et al., 2005). Subjek berjumlah 20 peserta didik SMKN 1 Buduran Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif termasuk penelitian eksplanatori. Pengumpulan data menggunakan kuesioner children’s perceptions of parent’s involvement activities oleh Hoover-Dempsey (2005) yang kemudian diadaptasi oleh Ardelia (2016) dan studi dokumentasi berupa nilai rapor. Analisis regresi linier sederhana digunakan untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini. Diperoleh F regresi sebesar 11,451 dan nilai signifikansi 0,003 < 0,05 dengan persamaan regresi Y=30,091+0,931X menunjukkan bahwa keterlibatan orangtua berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar peserta didik berkebutuhan khusus di SMK Negeri 1 Buduran Sidoarjo.

Keyword :

Keterlibatan Orangtua , Prestasi Belajar, Sekolah Menengah Kejuruan, Slow Learner,


References :

Arcano, Jerome S.,(2006) Pendidikan Berbasis Mutu (Edisi Terjemahan oleh Yosal Iriantara. 1 : Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hendarsjah, Hidajat. ,(2011) Sekolah Favorit Hanya Sekedar Fantasi. 1 : Jakarta: Kelompok Gramedia





Archive Article

Cover Media Content

Volume : 6 / No. : 4 / Pub. : 2017-12
  1. Pengaruh Resiliensi Akademik Dan Motivasi Belajar Terhadap Student Engagement Pada Santri Mukim Pondok Pesantren Nurul Islam Karangcempaka Sumenep
  2. Pengaruh Dukungan Sosial Dan Strategi Self Regulated Learning Terhadap Resiliensi Akademik Pada Mahasiswa Pascasarjana Multidisiplin Unair
  3. Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Persepsi Kemandirian Remaja
  4. Pengaruh Dukungan Sosial Orangtua, Kematangan Emosi, Dan Adversity Quotient Terhadap Motivasi Belajar Pada Siswa Dengan Status Sosial Ekonomi Rendah Di Sman 1 Porong
  5. Pengaruh Keterlibatan Orangtua Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Berkebutuhan Khusus Di Smk Negeri 1 Buduran Kabupaten Sidoarjo
  6. Hubungan Antara Dukungan Sosial Keluarga Dengan Self Efficacy Menghadapi Ujian Nasional Pada Siswa Kelas Xii Sma X
  7. Pengalaman Resiliensi Akademik Mahasiswa Magister Psikologi Non-linier Yang Berhasil Menyelesaikan Studi Lanjut Tepat Waktu Sambil Bekerja
  8. Hubungan Antara Inteligensi Dan Kreativitas Pada Siswa Cerdas Istimewa Di Sma Negeri 1 Gresik