Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan
ISSN 2301-7104
Vol. 6 / No. 1 / Published : 2017-12
Order : 4, and page :40 - 53
Related with : Scholar Yahoo! Bing
Original Article :
Pengaruh konsep diri akademik dan interaksi teman sebaya terhadap prestasi akademik matematika siswa sma xyz sidoarjo
Author :
- Reza Roesmiranti Hazami*1
- Duta Nurdibyanandaru*2
- Mahasiswa Fakultas Psikologi
- Dosen Fakultas Psikologi
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsep diri akademik dan interaksi teman sebaya terhadap prestasi akademik matematika siswa SMA XYZ Sidoarjo. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan subyek 198 siswa. Metode pengambilan sampel menggunakan proportionate stratified random sampling. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner skala konsep diri akademik, dan kuesioner skala interaksi teman sebaya. Sedangkan alat pengumpulan data untuk prestasi akademik matematika ditinjau berdasarkan hasil tes evaluasi matematika dalam ujian tengah semester (UTS) II tahun ajaran 2016/2017. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian diolah dengan menggunakan program SPSS 23.0 menunjukkan Fhitung sebesar 1,946 dengan nilai signifikansi (p) sebesar 0,146 (p > 0,05). Hasil penelitian menunjukkan tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara konsep diri akademik dan interaksi teman sebaya terhadap prestasi akademik matematika siswa SMA XYZ Sidoarjo.
Keyword :
Interaksi Teman Sebaya, Konsep Diri Akademik, Prestasi Akademik Matematika,
References :
Archive Article
Cover Media | Content |
---|---|
![]() Volume : 6 / No. : 1 / Pub. : 2017-12 |
|