Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan
ISSN 2301-7104
Vol. 7 / No. 5 / Published : 2018-10
Order : 5, and page :62 - 70
Related with : Scholar Yahoo! Bing
Original Article :
Pengaruh perilaku asertif terhadap penyesuaian diri remaja yang bersekolah di sma islamic boarding school dwiwarna bogor
Author :
- Fajrian Nadjamuddin*1
- Prihastuti*2
- Mahasiswa Fakultas Psikologi
- Dosen Fakultas Psikologi
Abstract :
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh perilaku asertif terhadap penyesuaian diri remaja yang bersekolah di SMA Islamic Boarding School Dwiwarna Bogor. Penyesuaian diri dalam penelitian ini mengacu pada teori Schneiders (1960). Perilaku asertif mengacu pada teori Rathus & Nevid (1983, dalam Nuha, 2014). Alat ukur yang digunakan berupa skala penyesuaian diri Schneiders dan Rathus Assertiveness Schedule (RAS). Validitas yang digunakan adalah face validity dan uji instrumen menggunakan program SPSS. Reliabilitas skala penyesuaian diri sebesar 0,789, sementara RAS memiliki reliabilitas sebesar 0,737. Analisis data menggunakan uji regresi sederhana dengan bantuan program statistik SPSS 22.0 for windows. Hasil analisis menunjukkan skor F sebesar 9,196 dengan signifikansi 0,004 < 0,05 yang berarti terdapat pengaruh perilaku asertif terhadap penyesuaian diri remaja yang bersekolah di SMA Dwiwarna Bogor. Nilai R Square menunjukkan angka 0,146 yang berarti pengaruh perilaku asertif terhadap penyesuaian diri sebesar 14,6%.
Keyword :
penyesuaian diri, perilaku asertif, remaja,
References :
Eccles, J., Wigfield, A., Harold, R. D., & Blumenfeld, P. (1993). Age and Gender Differences in Children's Self- and Task Perceptions during Elementary School. Child Development Vol. 64 No. 3, 830-847.
Archive Article
Cover Media | Content |
---|---|
![]() Volume : 7 / No. : 5 / Pub. : 2018-10 |
|