Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan
ISSN 2301-7104
Vol. 3 / No. 3 / Published : 2014-12
Order : 5, and page :188 - 198
Related with : Scholar Yahoo! Bing
Original Article :
Peran pendidik paud dalam mengimplementasikan pendidikan karakter melalui metode pembelajaran sentra dan lingkaran
Author :
- Ar-Raisul Karama Arifin*1
- Nur Ainy Fardana*2
- Mahasiswa Fakultas Psikologi
- Dosen Fakultas Psikologi
Abstract :
Pendidikan karakter adalah pendidikan yang baik sebagai bentuk tindakan pencegahan yang utama bagi resiko perilaku buruk dan juga dapat membangun karakter yang positif (Berkowitz & Bier, 2004). Keefektifan pendidik merupakan upaya peningkatan akan metode evaluasi terhadap peran pendidik. Berdasarkan studi lapangan awal, ditemukan bahwa PAUD Anak Saleh memiliki pendidikan karakter yang khas. Pendidikan karakter berhasil diterapkan disebabkan peran pendidik yang berkarakteristik pendidik yang efektif, hal ini didukung dengan penerapan metode pembelajaran berbasis sentra dan lingkaran. Informan dalam penelitian ini terdiri atas 3 pendidik PAUD Anak Saleh dan 2 informan sebagai significant other. Tipe penelitian ini adalah kualitatif. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis tematik dengan melakukan koding terhadap hasil transkrip wawancara dan didukung oleh teknik observasiserta studi dokumentasi sebagai data sekunder yang kemudian di analisis. Hasil penelitian menemukan bahwa: (1) Karakteristik pendidik PAUD Anak Saleh bercirikan 13 aspek; (2) Peran Pendidik PAUD Anak Saleh dalam mengimplementasikan pendidikan karakter melalui metode pembelajaran sentra dan lingkaran, meliputi 7 aspek; melalui 4 model pendekatan; melakukan 9 langkah pembelajaran; dan melaksanakan 6 strategi pendidikan karakter.
Keyword :
Pendidik, PAUD, Pendidikan Karakter, Pembelajaran Sentra dan Lingkaran,
References :
Arifin, I., Sonhadji, A., Thoyib, A., Sunyoto, A., Furchan, A., Santoso, M., & Supraptiwi, M,(1996) Penelitian Kualitatif dalam ilmu-ilmu sosial dan keagamaan Malang : Kalimasahada Press
Archive Article
Cover Media | Content |
---|---|
![]() Volume : 3 / No. : 3 / Pub. : 2014-12 |
|