Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan
ISSN 2301-7104
Vol. 7 / No. 1 / Published : 2018-02
Order : 7, and page :54 - 63
Related with : Scholar Yahoo! Bing
Original Article :
Peran sekolah dan orangtua terhadap perkembangan sosio-emosional remaja gifted
Author :
- Yogie Andreas*1
- Iwan Wahyu Widayat*2
- Mahasiswa Fakultas Psikologi
- Dosen Fakultas Psikologi
Abstract :
Penlitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran peran sekolah dan orangtua terhadap perkembangan sosio-emosional remaja gifted. Penelitian ini dilakukan pada 11 partisipan yang terdiri dari remaja gifted beserta orang tua, guru, dan kepala sekolah. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara semi-terstruktur. Tipe penelitian ini menggunakan studi kasus instrumental. Hasil penelitian menyatakan bahwa partisipan mengalami tantangan-tantangan pada perkembangan sosio-emosionalnya. Oleh karena itu, mereka memerlukan peran orang tua dan sekolah untuk memenuhi kebutuhan sosio-emosional mereka. Peran orangtua berupa meningkatkan pencapaian prestasi, menanamkan nilai dalam keluarga, menemani anak agar tidak terisolasi, mendukung minat dan potensi anak yang disalurkan dalam kegiatan, meningkatkan rasa nyaman dan percaya diri, memberikan umpan balik yang sesuai, beraksentuasi pada proses pencapaian prestasi, memahami kegagalan, dan memberikan apresiasi pada keberhasilan remaja. Peran sekolah yakni merancang kurikulum yang mendorong siswa berinteraksi, konselor yang menciptakan lingkungan agar siswa dapat menyadari potensi yang dimiliki, dan konselor menjalin kerjasama dengan orang tua siswa.
Keyword :
peran orang tua, peran sekolah, perkembangan sosio-emosional, remaja gifted,
References :
Archive Article
Cover Media | Content |
---|---|
![]() Volume : 7 / No. : 1 / Pub. : 2018-02 |
|