UNIVERSITAS AIRLANGGA



Detail Article

Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan

ISSN 2301-7104

Vol. 3 / No. 3 / Published : 2014-12

Order : 4, and page :179 - 186

Related with : Scholar   Yahoo!   Bing

Original Article :

Perbedaan self-regulated learning siswa sma ditinjau dari persepsi terhadap pola asuh orangtua

Author :

  1. Raissa Citra Ellena*1
  2. Tino Leonardi*2
  1. Mahasiswa Fakultas Psikologi
  2. Dosen Fakultas Psikologi

Abstract :

Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah ada perbedaan self-regulated learning siswa SMAN ditinjau dari persepsi pola asuh orangtua. Terdapat empat macam pola asuh, yaitu pola asuh otoriter, pola asuh demokratis, pola asuh permisif tidak peduli, dan pola asuh memanjakan. Selanjutnya akan dianalisa dalam penelitian ini apakah terdapat perbedaan kemampuan selfregulated learning antara siswa yang memiliki kecenderungan persepsi pola asuh otoriter, demokratis, permisif tidak peduli, dan permisif memanjakan. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XI SMAN Sumenep, Madura dengan jumlah subjek penelitian sebanyak 215 siswa, yang terdiri atas 32 siswa. Alat pengumpul data berupa kuesioner pola asuh yang terdiri dari 45 item dan kuesioner self-regulated learning yang terdiri 70 item. Analisis data dilakukan dengan teknik statistik One-way analysis of variance (ANOVA) dengan bantuan program statistik SPSS versi 13 for windows. Validitas untuk kedua skala ini menggunakan vaditas isi yaitu dengan profesional judgement. Reliabilitas alat ukur untuk self-regulated learning sebesar 0,949, sementara reliabilitas untuk persepsi pola asuh otoriter: 0,777, demokratis: 0,730, permisif tidak peduli: 0,820 serta permisif memanjakan : 0,680. Dari hasil analisis data penelitian, diperoleh nilai signifikansi antara kemampuan selfregulated learning dengan persepsi terhadap pola asuh dengan p<0,05. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis kerja dalam penelitian ini diterima, yang artinya bahwa terdapat perbedaan self-regulated learning ditinjau dari perbedaan persepsi terhadap pola asuh otoriter, demokratis, permisif tidak peduli, dan permisif memanjakan serta mean difference yang terbesar dari keempat pola asuh adalah pola asuh demokratis.

Keyword :

Self-regulated learning, Pola Asuh, Siswa SMA,


References :

Ayu, D. A.,(2009) Perbedaan Self-Regulated Learning Mahasiswa Ditinjau dari Persepsi Terhadap Pola Asuh Orangtua Surabaya : Fakultas Psikologi Universitas Airlangga





Archive Article

Cover Media Content

Volume : 3 / No. : 3 / Pub. : 2014-12
  1. Dinamika Emosi Remaja Perempuan Yang Sedang Mengalami Kekerasan Dalam Pacaran
  2. Resiliensi Remaja Putri Terhadap Problematika Pasca Orangtua Bercerai
  3. Hubungan Self-efficacy Dengan Penyesuaian Diri Terhadap Perguruan Tinggi Pada Mahasiswa Baru Fakultas Psikologi Universitas Airlangga
  4. Perbedaan Self-regulated Learning Siswa Sma Ditinjau Dari Persepsi Terhadap Pola Asuh Orangtua
  5. Peran Pendidik Paud Dalam Mengimplementasikan Pendidikan Karakter Melalui Metode Pembelajaran Sentra Dan Lingkaran
  6. Gaya Penyelesaian Konflik Perkawinan Pada Pasangan Dual Earner
  7. Pengaruh Komparasi Sosial Pada Model Dalam Iklan Kecantikan Di Televisi Terhadap Body Image Remaja Putri Yang Obesitas
  8. Strategi Orangtua Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Gifted
  9. Psychological Well-being Pada Guru Yang Telah Menjalani Masa Pensiun