Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan
ISSN 2301-7104
Vol. 7 / No. 4 / Published : 2018-08
Order : 2, and page :17 - 30
Related with : Scholar Yahoo! Bing
Original Article :
Profil status identitas anak pidana di lpka klas i blitar
Author :
- Desty Ratih Puspitasari*1
- Duta Nurdibyanandaru*2
- Mahasiswa Fakultas Psikologi
- Dosen Fakultas Psikologi
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil status identitas anak pidana di LPKA Klas I Blitar. Partisipan adalah 3 anak pidana di LPKA Klas I Blitar serta 3 orang significant others. Metode penelitian yang digunakan kualitatif dengan pendekatan studi kasus, teknik penggalian data wawancara semi terstruktur, dan analisis tematik data-driven. Hasil penelitian menunjukkan bahwa identity moratorium terjadi pada semua partisipan dalam bidang pekerjaan, gaya hidup dan persahabatan, kecuali latihan kerja pada partisipan 2. Identity moratorium di area kencan hanya terjadi pada partisipan 3, sementara 2 partisipan lain mengalami identity diffusion. Identity foreclosure terjadi pada area agama dan peran jenis kelamin di semua partisipan, namun pada partisipan 2 latihan kerja dan rekreasi juga foreclosure. Semua partisipan pada area politik mengalami identity diffusion. Partisipan 1 dan 3 melakukan penjajakan pada bidang pekerjaan sebelum masuk LPKA, sementara partisipan 2 menunjukkan penjajakan yang rendah baik sebelum maupun sesudah masuk LPKA.
Keyword :
anak pidana, profil, status identitas,
References :
Marcia, J. E., Waterman, A. S., Matteson, D. R., Archer, S. L., & Orlofsky, J. L. (1993). Ego identity: A handbook for psychosocial research. New York: Springer-Verlag.
Meeus, W., Keijsers, L., van de Schoot, R., & Branje, S. J. (2011). Identity statuses as developmental trajectories: A five-wave longitudinal study in early-to-middle and middle-to-late adolescents. Journal of Youth and Adolescence , 41 (8), 1008–1021. http:/dx.doi.org/10.1007/s10964-011-9730-y
Archive Article
Cover Media | Content |
---|---|
![]() Volume : 7 / No. : 4 / Pub. : 2018-08 |
|