UNIVERSITAS AIRLANGGA



Detail Article

Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan

ISSN 2301-7104

Vol. 3 / No. 3 / Published : 2014-12

Order : 9, and page :221 - 233

Related with : Scholar   Yahoo!   Bing

Original Article :

Psychological well-being pada guru yang telah menjalani masa pensiun

Author :

  1. Meidian Citraning Nastiti*1
  2. Wiwin Hendriani*2
  1. Mahasiswa Fakultas Psikologi
  2. Dosen Fakultas Psikologi

Abstract :

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran psychological well-being pada guru yang telah menjalani masa pensiun. Dalam penelitian ini, teori psychological well-being yang digunakan adalah teori dari Ryff (1989) yang mendefinisikannya sebagai keadaan perkembangan potensi nyata dari seseorang yang ditandai dengan enam dimensi, antara lain: self-acceptance, positive relation with others, environmental mastery, autonomy, personal growth dan purpose in life. Penelitian ini melibatkan dua orang guru yang telah menjalani masa pensiun. Pengambilan data dilakukan dengan proses wawancara. Pedoman umum wawancara terdiri dari pertanyaan-pertanyaan yang mencakup setiap dimensi dari psychological well-being menurut Ryff (1989). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif studi kasus. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik hybrid analisis tematik dari Fereday dan Muir-Cochrane (2006). Hasil dari penelitian ini menunjukkan kedua subjek memiliki kemampuan untuk menjaga hubungan baik dan hangat dengan orang lain serta memiliki kemampuan dalam pengelolaan dan penguasaan lingkungan yang baik setelah pensiun. Kedua subjek juga mampu untuk mengembangkan dirinya dan masih memiliki tujuan hidup meskipun sudah pensiun. Secara umum, kondisi psychological wellbeing pada kedua guru yang telah menjalani masa pensiun tersebut cukup baik karena adanya dukungan positif dari lingkungan dan keluarga, penerimaan diri yang baik, penguasaan emosi, dan keinginan untuk mencapai tujuan yang masih kuat.

Keyword :

psychological well-being, pensiun, guru,


References :

Djamarah, S.B,(2000) Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif Jakarta : Rineka Cipta





Archive Article

Cover Media Content

Volume : 3 / No. : 3 / Pub. : 2014-12
  1. Dinamika Emosi Remaja Perempuan Yang Sedang Mengalami Kekerasan Dalam Pacaran
  2. Resiliensi Remaja Putri Terhadap Problematika Pasca Orangtua Bercerai
  3. Hubungan Self-efficacy Dengan Penyesuaian Diri Terhadap Perguruan Tinggi Pada Mahasiswa Baru Fakultas Psikologi Universitas Airlangga
  4. Perbedaan Self-regulated Learning Siswa Sma Ditinjau Dari Persepsi Terhadap Pola Asuh Orangtua
  5. Peran Pendidik Paud Dalam Mengimplementasikan Pendidikan Karakter Melalui Metode Pembelajaran Sentra Dan Lingkaran
  6. Gaya Penyelesaian Konflik Perkawinan Pada Pasangan Dual Earner
  7. Pengaruh Komparasi Sosial Pada Model Dalam Iklan Kecantikan Di Televisi Terhadap Body Image Remaja Putri Yang Obesitas
  8. Strategi Orangtua Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Gifted
  9. Psychological Well-being Pada Guru Yang Telah Menjalani Masa Pensiun