Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan
ISSN 2301-7104
Vol. 3 / No. 3 / Published : 2014-12
Order : 8, and page :213 - 220
Related with : Scholar Yahoo! Bing
Original Article :
Strategi orangtua dalam mengembangkan kreativitas anak gifted
Author :
- HIDAYATUL MASRUROH*1
- IWAN WAHYU WIDAYAT*2
- Mahasiswa Fakultas Psikologi
- Dosen Fakultas Psikologi
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran strategi orangtua dalam mengembangkan kreativitas anak gifted. Anak gifted merupakan anak yang memiliki kemampuan di atas rata-rata (intelektual yang tinggi), kreativitas yang tinggi, dan komitmen terhadap tugas yang tinggi (Renzulli, 2005). Kreativitas yang merupakan salah satu potensi yang dimiliki oleh anak gifted perlu dikembangkan mengingat potensi tersebut memiliki peran penting dalam semua bidang kehidupan. Ketika kreativitas dapat berkembang dengan optimal maka akan memberi sumbangan yang luar biasa kepada masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus instrumental. Subjek penelitian terdiri dari empat orangtua yang memiliki anak gifted. Data dikumpulkan dengan teknik wawancara, studi dokumen, serta materi audio dan visual kemudian dianalisis menggunakan metode analisis tematik. Berdasarkan pada hasil penelitian, disimpulkan bahwa terdapat tujuh strategi yang digunakan oleh orangtua dalam mengembangkan kreativitas anak gifted. Ketujuh strategi tersebut adalah aktivitas eksplorasi umum, aktivitas pilihan individu, proyek individu, bertukar ide, penyediaan fasilitas, pendorong, dan apresiasi.
Keyword :
strategi, orangtua, kreativitas, anak gifted,
References :
Davis, G. A,(2012) Anak berbakat dan pendidikan keberbakatan: Suatu buku panduan untuk guru dan orangtua Jakarta : PT. Indeks
Archive Article
Cover Media | Content |
---|---|
![]() Volume : 3 / No. : 3 / Pub. : 2014-12 |
|