Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan
ISSN 2301-7104
Vol. 1 / No. 2 / Published : 2012-06
Order : 6, and page :88 - 93
Related with : Scholar Yahoo! Bing
Original Article :
Teacher resilience in remote school
Author :
- Riza Diah Ayu K.*1
- Pramesti Pradna P.*2
- -
- -
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran resiliensi guru di sekolah terpencil yang meliputi dimensi, fase, dan strategi resiliensi. Penelitian dilakukan di SDN 4 Kendalrejo yang terletak di kabupaten Banyuwangi. Subyek penelitian berjumlah 3 orang guru. Instrumen pengumpul data yang digunakan berupa wawancara. Analisa data penelitian menggunakan pendekatan hybrid thematic analysis. Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa fase resiliensi yang dilewati oleh guru di SDN 4 Kendalrejo berbeda satu sama lain. Hal ini dipengaruhi oleh faktor interpretasi masing-masing guru yang berbeda dalam memandang hidup. Perbedaan fase yang dilalui oleh masing-masing subyek juga akan membedakan strategi resiliensi yang digunakan oleh masing-masing subyek untuk bertahan dalam menghadapi kesulitan selama mengajar di sekolah terpencil.
Keyword :
resiliensi guru, strategi resiliensi, sekolah terpencil,
References :
Patterson, J.L., & Kelleher P.,(2005) Resilient school leaders: stategies for turning adversity into achievement. Alexandria : Association for Supervission and Curriculum Develompent (ASCD).
Patterson, J.L., Patterson, J.H., & Collins, L.,(2002) Bouncing back: how school leaders triumph in the face of adversity. New York : Eye on Education.
Archive Article
Cover Media | Content |
---|---|
![]() Volume : 1 / No. : 2 / Pub. : 2012-08 |
|