Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan
ISSN 2301-7104
Vol. 2 / No. 1 / Published : 2013-04
Order : 8, and page :52 - 61
Related with : Scholar Yahoo! Bing
Original Article :
Teachers’ attitudes towards inclusive education in terms of its constituent factors
Author :
- Syafrida Elisa*1
- Aryani Tri Wrastari*2
- -
- -
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana bentuk sikap guru terhadap pendidikan inklusi ditinjau dari faktor pembentuknya dan mengetahui faktor-faktor pembentuk apa yang mempengaruhi sikap guru terhadap pendidikan inklusi. Penelitian dilakukan pada empat orang subjek yang mengajar di sebuah sekolah inklusi di Surabaya. Informasi mengenai sikap subjek diungkap melalui metode wawancara mendalam sebagai teknik pengumpulan data. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis tematik dengan melakukan koding terhadap hasil transkrip wawancara dan catatan lapangan yang kemudian di analisis. Hasil penelitian ini menunjukan bentuk sikap guru yang terdiri dari sikap positif yaitu sikap menerima terhadap pendidikan inklusi dan sikap negatif yaitu sikap menolak terhadap pendidikan inklusi. Faktor yang muncul dalam penelitian ini, yaitu pertama, faktor guru yang terdiri dari latar belakang guru, pandangan terhadap anak berkebutuhan khusus, tipe guru, tingkat kelas, keyakinan guru, pandangan sosio-politik, empati guru, dan gender. Kedua, faktor pengalaman yang terdiri dari pengalaman mengajar anak berkebutuhan khusus dan pengalaman kontak dengan anak berkebutuhan khusus. Ketiga, faktor pengetahuan yang terdiri dari level pendidikan guru, pelatihan, pengetahuan, dan kebutuhan belajar guru. Keempat, faktor lingkungan pendidikan yang terdiri dari dukungan sumber daya, dukungan orang tua dan keluarga, dan sistem sekolah.
Keyword :
Sikap Guru, Pendidikan Inklusi, Faktor Pembentuk Sikap Guru,
References :
Astuti, I., Sonhadji, Bafadal, I., dan Soetopo, H.,(2011) Kepemimpinan Pembelajaran Sekolah Inklusi Malang : bayu Media
Archive Article
Cover Media | Content |
---|---|
![]() Volume : 2 / No. : 1 / Pub. : 2013-04 |
|