UNIVERSITAS AIRLANGGA



Detail Article

Kajian Media dan Komunikasi

ISSN -

Vol. 2 / No. 1 / Published : 2019-11

Order : 5, and page :26 - 35

Related with : Scholar   Yahoo!   Bing

Original Article :

Supporter identity in virtual communication : case study on facebook group aremania vs bonek

Author :

  1. Moh. Asaddin Nur*1
  1. Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Abstract :

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi identitas Aremania yang diartikulasikan melalui grup Facebook “Aremania Jakmania vs Bonek Viking”. Aremania merupakan salah satu komunitas suporter sepakbola terbesar di Indonesia yang tidak memiliki struktur organisasi. Grup Facebook Aremania Jakmania vs Bonek Viking yang memiliki jumlah anggota aktif terbanyak dan intensitas aktivitas grup paling tinggi menjadi signifikan untuk diteliti. Tinjauan pustaka dalam penelitian ini meliputi media baru dan ruang siber, identitas sosial dan identitas virtual, serta komunitas suporter dan komunitas virtual. Peneliti menggunakan metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif dan tipe penelitian eksploratif. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan admin atau pengurus grup, dan juga melalui observasi partisipan terhadap grup Facebook Aremania Jakmania vs Bonek Viking, serta melalui studi terhadap dokumen yang berkaitan dengan penelitian ini. Peneliti menemukan bahwa identitas Aremania telah menjadi identitas bersama/kolektif (identitas sosial). Aremania membenci Bonek menjadi identitas dominan yang diartikulasikan melalui gambar, chant, bahasa walikan, dan umpatan dengan cara merendahkan dan menghina Bonek. Kebencian terhadap Bonek menjadi identitas resisten Aremania yang termasuk dalam dimensi identitas hubungan (relational layer). Ungkapan kebencian Aremania terhadap Bonek menjadi upaya balasan atas apa yang diterima Aremania dari Bonek. Aremania akan senang jika Bonek susah atau sedih, dan sebaliknya. Namun demikian, kebencian terhadap Bonek menjadi topik yang sensitif dan hanya sebatas interaksi di media sosial. Sementara itu, identitas lain yang ditemukan yaitu Aremania cinta damai, juga memiliki bahasa walikan untuk sapaan tertentu serta diksi pisuhan yang khas untuk mengakrabkan diri antar Aremania. Selain itu, hasil penelitian juga menunjukkan bahwa identitas Aremania belum tuntas, masih terus berlangsung, selalu dibangun, dan senantiasa berubah sesuai dengan konteksnya.

Keyword :

aremania, identitas, komunikasi virtual, facebook,


References :

Kemala N, Indri. ,(2007) Perilaku Merokok pada Remaja. . 1 : Semarang: Digital USU

Rahman, Arif., dkk.,(2005) Sosiologi. 1 : Yogyakarta : Saka Mitra Kompetensi.





Archive Article

Cover Media Content

Volume : 2 / No. : 1 / Pub. : 2019-01
  1. Admission Of Women’s Audience To Men’s Identity In The Film Dunia Terbalik
  2. Articulation Of Virtual Role-player Identity With K-pop Idol Via Twitter Characters
  3. Management Strategy Of Titik Nol Program And Siraman Rohani (siroh) On Rctv Jombang
  4. Social Media Activism By Komunitas Arek Tuli (kartu) Surabaya
  5. Supporter Identity In Virtual Communication : Case Study On Facebook Group Aremania Vs Bonek