ISSN 2303 - 3411
Vol. 4 / No. 3 / Published : 2016-03
Order : 14, and page :117 - 123
Related with : Scholar Yahoo! Bing
Original Article :
E-government dalam pelayanan publik (studi kasus tentang faktor-faktor penghambat inovasi layanan e-samsat jatim di kabupaten gresik)
Author :
- NUR HIDAYATI *1
- Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Abstract :
This study aims to identify factors inhibiting innovation motor vehicle tax payment services online (e-Samsat Jatim) in Gresik.E-Samsat Jatim is raised East Java provincial government to answer the complaints of the people who have many reasons for not paying motor vehicle taxes, so that the existence of this public service will be simplified in the payment of taxes on motor vehicles.In fact the service was not better received in Gresik, because not many community who utilize the service for payment of motor vehicle tax.The theory used is the public sector innovation barriers by Borrins and Drucker and Geof Mulgan and David Albury.The approach that is qualitative and descriptive as well as the observations are strategy case study.The informant determining technique purposive sampling continued to snowball. Data collected by the documentation, archive footage, interviews, and observarsi participants.The data analysis was conducted by classifying the data obtained and concluded.The validity of the data is tested by triangulation of data sources so that the data presented is correct.The results showed that the factors that hinder the success of e-Samsat in Gresik divided into internal factors, among others, are reluctant to change, e-Samsat Jatim is not in accordance with the will of the people, and the technology is not matched by policies that support innovation.While external factors which consists of a condition of society is not yet ready to accept innovation involving technology as well as public doubts on the effectiveness of e-Samsat Jatim
Keyword :
E-Government, E-Samsat Jatim Servive, E-Samsat Jatim Servive,
References :
Dwiyanto, Agus,(2008) Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik . : Gadjah Mada University Press
Dhewanto, Wawan, dkk,(2014) Manajemen Inovasi: Peluang Sukses Menghadapi Perubahan . : Andi
Archive Article
Cover Media |
Content |
 Volume : 4 / No. : 3 / Pub. : 2016-03 |
- Kualitas Pelayanan Sertifikat Peralihan Hak Tanah Hasil Jual-beli Di Kantor Pertanahan Kota Surabaya I
- Analisis Kualitas Pelayanan Maskapai Penerbangan Low Cost Carrier (studi Deskriptif Di Pt. Citilink Indonesia Cabang Surabaya)
- Evaluasi Implementasi Peraturan Daerah No. 7 Tahun 2010 Tentang Penyerahan Prasarana, Sarana, Dan Utilitas Pada Kawasan Industri, Perdagangan, Perumahan, Dan Permukiman Di Kota Surabaya
- Evaluasi Pelaksanaan Peraturan Walikota Surabaya Nomor 65 Tahun 2011 Tentang Prosedur Pengawasan Dan Pengendalian Kawasan Mangrove Di Kelurahan Wonorejo Surabaya
- Implementasi Kebijakan Kota Layak Anak (studi Deskriptif Tentang Kluster Perlindungan Khusus Di Kota Surabaya)
- Studi Deskriptif Kualitas Pelayanan Kesehatan Untuk Pasien Peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (bpjs) Kesehatan Di Rsud Ibnu Sina Kabupaten Gresik
- Inovasi Pelayanan Publik (studi Upaya Inovasi Paket Perizinan Oleh Badan Pelayanan Perizinan Terpadu Kabupaten Sidoarjo Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Perizinan)
- Kinerja Koperasi Studi Tentang Faktor-faktor Penyebab Tidak Aktifnya Koperasi Gotong Royong Kota Blitar
- Strategi Dinas Koperasi Dan Umkm Kabupaten Jombang Dalam Meningkatkan Daya Saing Umkm Untuk Menghadapi Asean Economic Community 2016
- Inovasi Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan Di Kecamatan Kota Sumenep, Kabupaten Sumenep
- Koordinasi Antar Lembaga Dan Stakeholder Dalam Pengembangan Taman Bacaan Masyarakat (studi Kasus: Taman Flora Dan Taman Ekspresi Di Kota Surabaya)
- Gaya Kepemimpinan Dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai Negeri Sipil (studi Deskriptif Di Biro Administrasi Kemasyarakatan Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Timur)
- Studi Perbandingan Tentang Ketimpangan Hasil Kebijakan Pengembangan Kawasan Budidaya Agropolitan (perbandingan Kawasan Budidaya Agropolitan Di Desa Ngringinrejo Dan Desa Wedi Kabupaten Bojonegoro)
- E-government Dalam Pelayanan Publik (studi Kasus Tentang Faktor-faktor Penghambat Inovasi Layanan E-samsat Jatim Di Kabupaten Gresik)
- Studi Deskriptif Tentang Proporsi Anggaran Pendidikan Dalam Struktur Anggaran Pendapatan Dan Belanja Daerah Kota Surabaya Tahun 2012-2014
- Implementasi Penanggulangan Bencana (studi Deskriptif Di Satlak Pb Dalam Penanggulangan Bencana Kota Surabaya)
- Studi Dampak Intensitas Pengawasan Ombusdman Perwakilan Jawa Timur Pada Tingkat Akuntabilitas Pelayanan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (bpjs) Kesehatan Surabaya
- Dampak Implementasi Program Minapolitan Terhadap Kesejahteraan Masyarakat Di Kecamatan Muncar Kabupaten Banyuwangi
- Kualitas Pelayanan E-kiosk (elektronik Kios Kereta Api) Di Stasiun Surabaya Gubeng
- Studi Deskriptif Tentang Inovasi Online Reservation Pada Pelayanan Penjualan Tiket Kereta Api
- Pengaruh Kualitas Pelayanan Dinas Pengelolaan Bangunan Dan Tanah Terhadap Kepuasan Penyewa Rumah Susun Sederhana Sewa (rusunawa) Waru Gunung Karang Pilang Surabaya
- Studi Eksploratif Tentang Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Pelaksanaan Program Pemberdayaan Ekonomi Kelompok Swadaya Masyarakat (ksm) Di Kelurahan Sidotopo Kecamatan Semampir Kota Surabaya
- Inovasi Pelayanan Publik Studi Deskriptif Tentang Penerapan Layanan E-health Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Pucangsewu Kota Surabaya
- Dampak Pengembangan Manajemen Usaha Gabungan Kelompok Tani (gapoktan) “sejahtera” Pada Tingkat Kinerja Petani Penerima Program Pengembangan Usaha Agrobisnis Pedesaan (puap) Di Desa Mertani Kecamatan Karanggeneng Kabupaten Lamongan
- Strategi Dinas Pertanian Dalam Memberdayakan Kelompok Tani Cabai Untuk Meningkatkan Daya Saing Di Kelurahan Made Kota Surabaya
- Model Pelayanan Kesehatan (studi Deskriptif Tentang Model Pelayanan Program Antenatal Care Di Puskesmas Peterongan Kabupaten Jombang)
- Pengembangan Aparatur Berbasis Kompetensi Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Perizinan Di Unit Pelaksanaan Teknis Pelayanan Perizinan Terpadu (upt P2t) Badan Penanaman Modal Provinsi Jawa Timur
- Partisipasi Stakeholder Dalam Pelaksanaan Program Adiwiyata Di Smp Negeri 4 Bojonegoro
- Studi Deskriptif Tentang Pelaksanaan Good Corporate Governance Di Pt. Petrokimia Gresik
- Implementasi Kebijakan Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (paten) Di Kecamatan Buduran, Kabupaten Sidoarjo
- “potret Pro-woman Policy” (studi Tentang Pengaruh Tingkat Kemiskinan Terhadap Tingkat Partisipasi Eks Wanita Tuna Susila Dalam Program Pemberdayaan Eks Lokalisasi Di Dupak Bangunsari Kota Surabaya)
- Evaluasi Program Usaha Mikro Rumah Tangga Miskin (pum-rtm) Di Kabupaten Jember
|