UNIVERSITAS AIRLANGGA



Detail Article

Kebijakan dan Manajemen Publik

ISSN 2303 - 3411

Vol. 4 / No. 3 / Published : 2016-03

Order : 12, and page :101 - 106

Related with : Scholar   Yahoo!   Bing

Original Article :

Gaya kepemimpinan dalam meningkatkan kinerja pegawai negeri sipil (studi deskriptif di biro administrasi kemasyarakatan sekretariat daerah provinsi jawa timur)

Author :

  1. MOHAMMAD ULUL ILMI*1
  1. Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Abstract :

The status and role of the civil service as elements of the state apparatus has a big influence in determining the success of national development, both physical and non-physical development. Thereby improving the quality of civil servants during the construction of this very necessary and expected in the increase can be obtained civil servants are actually able to carry out his duties, which in turn can facilitate and accelerate the achievement of national development goals. To achieve maximum performance of employees, use of proper leadership from the leader, is one factor that can drive, steer, guide and motivate employees to excel in their work and create. This research aims to describe the leadership style that is applied in Administration Bureau of East Java Regional Secretariat so as to improve the performance of civil servants in it. It refers to the increasing demands on the performance of government in serving the needs of the community. This research uses a qualitative method with descriptive type. Selection of informants by using purposive. While data collection is done by observation, interview and documentation study. Data analysis using the technique of triangulation of data sources, namely by reducing the data, presenting data, verification and final draw data obtained by comparing the information with secondary data, and compare the information with the relevant theory. From the data obtained in the field, the results of this research show that the democratic leadership style that is applied in Social Administration Bureau Secretariat East Java has been deemed good enough to improve the performance of civil servants in it..

Keyword :

Leadership Style, Employee Performance, PNS,


References :

Miyanti, Tri Daya,(2005) Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Puskesmas Terhadap Tingkat Keefektifan Pengembangan Kelembagaan Puskesmas di Kota Surabaya. . : Fisip Unair

Sedarmayanti,(2013) Manajemen Sumber Daya Manusia, Reformasi Birokrasi Manajemen Pegawai Negeri Sipil. . : Rafika Aditama





Archive Article

Cover Media Content

Volume : 4 / No. : 3 / Pub. : 2016-03
  1. Kualitas Pelayanan Sertifikat Peralihan Hak Tanah Hasil Jual-beli Di Kantor Pertanahan Kota Surabaya I
  2. Analisis Kualitas Pelayanan Maskapai Penerbangan Low Cost Carrier (studi Deskriptif Di Pt. Citilink Indonesia Cabang Surabaya)
  3. Evaluasi Implementasi Peraturan Daerah No. 7 Tahun 2010 Tentang Penyerahan Prasarana, Sarana, Dan Utilitas Pada Kawasan Industri, Perdagangan, Perumahan, Dan Permukiman Di Kota Surabaya
  4. Evaluasi Pelaksanaan Peraturan Walikota Surabaya Nomor 65 Tahun 2011 Tentang Prosedur Pengawasan Dan Pengendalian Kawasan Mangrove Di Kelurahan Wonorejo Surabaya
  5. Implementasi Kebijakan Kota Layak Anak (studi Deskriptif Tentang Kluster Perlindungan Khusus Di Kota Surabaya)
  6. Studi Deskriptif Kualitas Pelayanan Kesehatan Untuk Pasien Peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (bpjs) Kesehatan Di Rsud Ibnu Sina Kabupaten Gresik
  7. Inovasi Pelayanan Publik (studi Upaya Inovasi Paket Perizinan Oleh Badan Pelayanan Perizinan Terpadu Kabupaten Sidoarjo Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Perizinan)
  8. Kinerja Koperasi Studi Tentang Faktor-faktor Penyebab Tidak Aktifnya Koperasi Gotong Royong Kota Blitar
  9. Strategi Dinas Koperasi Dan Umkm Kabupaten Jombang Dalam Meningkatkan Daya Saing Umkm Untuk Menghadapi Asean Economic Community 2016
  10. Inovasi Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan Di Kecamatan Kota Sumenep, Kabupaten Sumenep
  11. Koordinasi Antar Lembaga Dan Stakeholder Dalam Pengembangan Taman Bacaan Masyarakat (studi Kasus: Taman Flora Dan Taman Ekspresi Di Kota Surabaya)
  12. Gaya Kepemimpinan Dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai Negeri Sipil (studi Deskriptif Di Biro Administrasi Kemasyarakatan Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Timur)
  13. Studi Perbandingan Tentang Ketimpangan Hasil Kebijakan Pengembangan Kawasan Budidaya Agropolitan (perbandingan Kawasan Budidaya Agropolitan Di Desa Ngringinrejo Dan Desa Wedi Kabupaten Bojonegoro)
  14. E-government Dalam Pelayanan Publik (studi Kasus Tentang Faktor-faktor Penghambat Inovasi Layanan E-samsat Jatim Di Kabupaten Gresik)
  15. Studi Deskriptif Tentang Proporsi Anggaran Pendidikan Dalam Struktur Anggaran Pendapatan Dan Belanja Daerah Kota Surabaya Tahun 2012-2014
  16. Implementasi Penanggulangan Bencana (studi Deskriptif Di Satlak Pb Dalam Penanggulangan Bencana Kota Surabaya)
  17. Studi Dampak Intensitas Pengawasan Ombusdman Perwakilan Jawa Timur Pada Tingkat Akuntabilitas Pelayanan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (bpjs) Kesehatan Surabaya
  18. Dampak Implementasi Program Minapolitan Terhadap Kesejahteraan Masyarakat Di Kecamatan Muncar Kabupaten Banyuwangi
  19. Kualitas Pelayanan E-kiosk (elektronik Kios Kereta Api) Di Stasiun Surabaya Gubeng
  20. Studi Deskriptif Tentang Inovasi Online Reservation Pada Pelayanan Penjualan Tiket Kereta Api
  21. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dinas Pengelolaan Bangunan Dan Tanah Terhadap Kepuasan Penyewa Rumah Susun Sederhana Sewa (rusunawa) Waru Gunung Karang Pilang Surabaya
  22. Studi Eksploratif Tentang Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Pelaksanaan Program Pemberdayaan Ekonomi Kelompok Swadaya Masyarakat (ksm) Di Kelurahan Sidotopo Kecamatan Semampir Kota Surabaya
  23. Inovasi Pelayanan Publik Studi Deskriptif Tentang Penerapan Layanan E-health Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Pucangsewu Kota Surabaya
  24. Dampak Pengembangan Manajemen Usaha Gabungan Kelompok Tani (gapoktan) “sejahtera” Pada Tingkat Kinerja Petani Penerima Program Pengembangan Usaha Agrobisnis Pedesaan (puap) Di Desa Mertani Kecamatan Karanggeneng Kabupaten Lamongan
  25. Strategi Dinas Pertanian Dalam Memberdayakan Kelompok Tani Cabai Untuk Meningkatkan Daya Saing Di Kelurahan Made Kota Surabaya
  26. Model Pelayanan Kesehatan (studi Deskriptif Tentang Model Pelayanan Program Antenatal Care Di Puskesmas Peterongan Kabupaten Jombang)
  27. Pengembangan Aparatur Berbasis Kompetensi Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Perizinan Di Unit Pelaksanaan Teknis Pelayanan Perizinan Terpadu (upt P2t) Badan Penanaman Modal Provinsi Jawa Timur
  28. Partisipasi Stakeholder Dalam Pelaksanaan Program Adiwiyata Di Smp Negeri 4 Bojonegoro
  29. Studi Deskriptif Tentang Pelaksanaan Good Corporate Governance Di Pt. Petrokimia Gresik
  30. Implementasi Kebijakan Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (paten) Di Kecamatan Buduran, Kabupaten Sidoarjo
  31. “potret Pro-woman Policy” (studi Tentang Pengaruh Tingkat Kemiskinan Terhadap Tingkat Partisipasi Eks Wanita Tuna Susila Dalam Program Pemberdayaan Eks Lokalisasi Di Dupak Bangunsari Kota Surabaya)
  32. Evaluasi Program Usaha Mikro Rumah Tangga Miskin (pum-rtm) Di Kabupaten Jember