ISSN 2303 - 3411
Vol. 4 / No. 3 / Published : 2016-03
Order : 20, and page :175 - 185
Related with : Scholar Yahoo! Bing
Original Article :
Studi deskriptif tentang inovasi online reservation pada pelayanan penjualan tiket kereta api
Author :
- OCTI WILUJENG *1
- Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Abstract :
PT Kereta Api Indonesia has been applied technology as electronic transaction tools to sell train tickets which called as online reservation. Online reservation itself became PT Kereta Api Indonesia realization to increase public service quality. The practice of innovation had been expected to be able gave positive improvement and also come purchased train tickets problems. Because of that, conventional train tickets selling service considered less effective and less efficient because gave some chances to brokers sold tickets illegally. At the same time, Gubeng Train Station Surabaya was a station with highest arrive and departure volume in Surabaya city. So that, this research purposed to describe online reservation service innovation which had been used by passengers in Gubeng Train Station Surabaya.The research’s result showed that online reservation innovation was innovation applied by PT Kereta Api Indonesia in order to give more easy facility to purchase train ticket. Online reservation was included Sustaining Innovation, radical innovation and product innovation typology, process innovation, and service method typology.
Keyword :
Public Services, Innovation, Online Reservation,
References :
Widodo, Joko,(2001) Good Governance . : Insan Cendekia
Archive Article
Cover Media |
Content |
 Volume : 4 / No. : 3 / Pub. : 2016-03 |
- Kualitas Pelayanan Sertifikat Peralihan Hak Tanah Hasil Jual-beli Di Kantor Pertanahan Kota Surabaya I
- Analisis Kualitas Pelayanan Maskapai Penerbangan Low Cost Carrier (studi Deskriptif Di Pt. Citilink Indonesia Cabang Surabaya)
- Evaluasi Implementasi Peraturan Daerah No. 7 Tahun 2010 Tentang Penyerahan Prasarana, Sarana, Dan Utilitas Pada Kawasan Industri, Perdagangan, Perumahan, Dan Permukiman Di Kota Surabaya
- Evaluasi Pelaksanaan Peraturan Walikota Surabaya Nomor 65 Tahun 2011 Tentang Prosedur Pengawasan Dan Pengendalian Kawasan Mangrove Di Kelurahan Wonorejo Surabaya
- Implementasi Kebijakan Kota Layak Anak (studi Deskriptif Tentang Kluster Perlindungan Khusus Di Kota Surabaya)
- Studi Deskriptif Kualitas Pelayanan Kesehatan Untuk Pasien Peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (bpjs) Kesehatan Di Rsud Ibnu Sina Kabupaten Gresik
- Inovasi Pelayanan Publik (studi Upaya Inovasi Paket Perizinan Oleh Badan Pelayanan Perizinan Terpadu Kabupaten Sidoarjo Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Perizinan)
- Kinerja Koperasi Studi Tentang Faktor-faktor Penyebab Tidak Aktifnya Koperasi Gotong Royong Kota Blitar
- Strategi Dinas Koperasi Dan Umkm Kabupaten Jombang Dalam Meningkatkan Daya Saing Umkm Untuk Menghadapi Asean Economic Community 2016
- Inovasi Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan Di Kecamatan Kota Sumenep, Kabupaten Sumenep
- Koordinasi Antar Lembaga Dan Stakeholder Dalam Pengembangan Taman Bacaan Masyarakat (studi Kasus: Taman Flora Dan Taman Ekspresi Di Kota Surabaya)
- Gaya Kepemimpinan Dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai Negeri Sipil (studi Deskriptif Di Biro Administrasi Kemasyarakatan Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Timur)
- Studi Perbandingan Tentang Ketimpangan Hasil Kebijakan Pengembangan Kawasan Budidaya Agropolitan (perbandingan Kawasan Budidaya Agropolitan Di Desa Ngringinrejo Dan Desa Wedi Kabupaten Bojonegoro)
- E-government Dalam Pelayanan Publik (studi Kasus Tentang Faktor-faktor Penghambat Inovasi Layanan E-samsat Jatim Di Kabupaten Gresik)
- Studi Deskriptif Tentang Proporsi Anggaran Pendidikan Dalam Struktur Anggaran Pendapatan Dan Belanja Daerah Kota Surabaya Tahun 2012-2014
- Implementasi Penanggulangan Bencana (studi Deskriptif Di Satlak Pb Dalam Penanggulangan Bencana Kota Surabaya)
- Studi Dampak Intensitas Pengawasan Ombusdman Perwakilan Jawa Timur Pada Tingkat Akuntabilitas Pelayanan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (bpjs) Kesehatan Surabaya
- Dampak Implementasi Program Minapolitan Terhadap Kesejahteraan Masyarakat Di Kecamatan Muncar Kabupaten Banyuwangi
- Kualitas Pelayanan E-kiosk (elektronik Kios Kereta Api) Di Stasiun Surabaya Gubeng
- Studi Deskriptif Tentang Inovasi Online Reservation Pada Pelayanan Penjualan Tiket Kereta Api
- Pengaruh Kualitas Pelayanan Dinas Pengelolaan Bangunan Dan Tanah Terhadap Kepuasan Penyewa Rumah Susun Sederhana Sewa (rusunawa) Waru Gunung Karang Pilang Surabaya
- Studi Eksploratif Tentang Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Pelaksanaan Program Pemberdayaan Ekonomi Kelompok Swadaya Masyarakat (ksm) Di Kelurahan Sidotopo Kecamatan Semampir Kota Surabaya
- Inovasi Pelayanan Publik Studi Deskriptif Tentang Penerapan Layanan E-health Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Pucangsewu Kota Surabaya
- Dampak Pengembangan Manajemen Usaha Gabungan Kelompok Tani (gapoktan) “sejahtera” Pada Tingkat Kinerja Petani Penerima Program Pengembangan Usaha Agrobisnis Pedesaan (puap) Di Desa Mertani Kecamatan Karanggeneng Kabupaten Lamongan
- Strategi Dinas Pertanian Dalam Memberdayakan Kelompok Tani Cabai Untuk Meningkatkan Daya Saing Di Kelurahan Made Kota Surabaya
- Model Pelayanan Kesehatan (studi Deskriptif Tentang Model Pelayanan Program Antenatal Care Di Puskesmas Peterongan Kabupaten Jombang)
- Pengembangan Aparatur Berbasis Kompetensi Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Perizinan Di Unit Pelaksanaan Teknis Pelayanan Perizinan Terpadu (upt P2t) Badan Penanaman Modal Provinsi Jawa Timur
- Partisipasi Stakeholder Dalam Pelaksanaan Program Adiwiyata Di Smp Negeri 4 Bojonegoro
- Studi Deskriptif Tentang Pelaksanaan Good Corporate Governance Di Pt. Petrokimia Gresik
- Implementasi Kebijakan Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (paten) Di Kecamatan Buduran, Kabupaten Sidoarjo
- “potret Pro-woman Policy” (studi Tentang Pengaruh Tingkat Kemiskinan Terhadap Tingkat Partisipasi Eks Wanita Tuna Susila Dalam Program Pemberdayaan Eks Lokalisasi Di Dupak Bangunsari Kota Surabaya)
- Evaluasi Program Usaha Mikro Rumah Tangga Miskin (pum-rtm) Di Kabupaten Jember
|