UNIVERSITAS AIRLANGGA



Detail Article

Komunitas

ISSN 2303-1166

Vol. 4 / No. 3 / Published : 2015-03

Order : 14, and page :1 - 10

Related with : Scholar   Yahoo!   Bing

Original Article :

Mekanisme persaingan antar biro penyelenggara ibadah haji (studi tentang biro penyelenggara ibadah haji di kota surabaya)

Author :

  1. Ricky Teguh Priambodo*1
  1. Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Abstract :

ABSTRAKBiro Haji merupakan kepanjangan tangan dari pemerintah pusat khususnya Departemen Agama untuk membantu melayani animo masyarakat yang besar dalam hal melaksanakan Ibadah Haji di Tanah Suci Mekkah. Jumlah masyarakat yang ingin menunaikan Ibadah Haji membuat Departemen Agama tidak mampu mengatasi permintaan dari masyarakat yang kian banyak. Apalagi masyarakat sebagai konsumen meinta fasilitas yang baik dan nyaman. Biro Haji menawarkan paket yang berbeda dengan paket yang diberikan oleh Departemen Agama kepada masyarakat. Paket yang ditawarkan oleh Biro Haji adalah paket Haji Plus. Segala fasilitas dan kemudahan ditawarkan dalam paket yang ditawarkan Biro ini. Studi ini untuk mengetahui hal yang melatarbelakangi ketika konsumen memilih Biro Haji sebagai partner perjalanannya dan juga persaingan yang terjadi diantara Biro Haji untuk mendapatkan konsumen.Paradigma yang digunakan untuk menjawab permasalahan dalam penelitian ini adalah paradigma deskriptif dengan pendekatan kualitatif.Teori yang digunakan adalah teori milik Deutsch tentang kerjasama dan persaingan kelompkk. Responden dalam penelitian ini berjumlah 6 orang dengan 3 orang yang berkerja di Biro Haji dan 3 orangkonsumen dari masing-masing Biro Haji. Teknik penentuan informan yang digunakan adalah purposive dengan kriteria yang ditentukan oleh peneliti/ metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara mendalam dengan menggunakan pedoman wawancara.Hasil yang ditemukan dalam penelitian ini antara lain: (1) Biro Haji melakukan inovasi seperti pemberian headseat bagi para jamaah dan promosi untuk mendapatkan konsumen dengan cara mempromosikan paket yang ditawarkan melewati media ceta maupun media elektronik (2) Biro Haji bersaing untuk memberikan kemudahan fasilitas yang diinginkan konsumen seperti lokasi tempat penginapan kemudian akomodasi yang digunakan agar konsumen lebih memilih Biro Haji sebagai partner perjalanan.

Keyword :

biro haji, persaingan, konsumen,


References :

Ritzer, George,(2002) Ketika Kapitalisme Berjingkrang, Telaah Kritis Terhadap Gelombang McDonalisasi 1 : Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Yoeti, A Oka,(1997) Tour And Travel Management 1 : Jakarta : Pradyna Paramita





Archive Article

Cover Media Content

Volume : 4 / No. : 3 / Pub. : 2015-03
  1. Wanita Pedagang Asongan Plus-plus (studi Deskriptif Pemaknaan Wanita Pedagang Asongan Di Pasar Hewan Desa Banjarjo Padangan Bojonegoro)
  2. Konstruksi Sosial Konflik Kekerasan Suporter Sepak Bola (studi Kasus Tentang Makna Kekerasan Antara Suporter Sepak Bola Bonek Dan La Mania)
  3. Tindakan Sosial Penderita Kanker Serviks Terkait Peran Sebagai Istri Dalam Rumah Tangga
  4. Konstruksi Sosial Tentang Kehidupan Hari Tua Di Kalangan Pensiunan Guru Sekolah Dasar Negeri Di Surabaya
  5. Konflik Masyarakat Penambang Minyak Mentah (analisis Konflik Pengelolaan Pertambangan Minyak Mentah Desa Wonocolo, Kecamatan Kedewan, Kabupaten Bojonegoro Periode 2009 - 2015)
  6. Tindik Pada Anak Laki-laki Di Bromo Tengger (studi Fenomenologi Pada Masyarakat Desa Ngarsari, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo)
  7. Pemaknaan Jamaah Tentang Penggunaan Bahasa Arab Dalam Khutbah Jumat Di Masjid Ali Akbar Sidosermo Surabaya
  8. Mekanisme Survival Petani Perkotaan (studi Deskriptif Tentang Strategi Bertahan Hidup Petani Di Kelurahan Made, Surabaya)
  9. Komunitas Drag Race Sdc 210m (studi Deskriptif Tentang Persaingan Antar Drasgter Di Dalam Komunitas Sdc 201m)
  10. Konstruksi Masyarakat Terhadap Penggunaan Pengeras Suara Masjid (studi Di Perumahan Rungkut Mapan Asri Surabaya)
  11. Penggunaan Jalan Kampung Sebagai Tempat Pelaksanaan Hajatan (studi Deskriptif Tentang Konstruksi Sosial Dalam Penggunaan Jalan Kampung)
  12. Pemaknaan Orang Tua Terhadap Anak Inklusi
  13. Perubahan Sosial – Ekonomi Pkl ( Pedagang Kaki Lima ) Dalam Program Sentralisasi Sektor Informal Perkotaan Di Dtc Wonokromo
  14. Mekanisme Persaingan Antar Biro Penyelenggara Ibadah Haji (studi Tentang Biro Penyelenggara Ibadah Haji Di Kota Surabaya)