UNIVERSITAS AIRLANGGA



Detail Article

Komunitas

ISSN 2303-1166

Vol. 6 / No. 3 / Published : 2017-09

Order : 18, and page :1 - 15

Related with : Scholar   Yahoo!   Bing

Original Article :

Orientasi terhadap iklan dalam pemilihan provider paket data internet di kalangan net generation di kota surabaya (studi kasus di kelurahan mojo kecamatan gubeng kota surabaya pada kalangan mahasiswa pendatang di universitas airlangga)

Author :

  1. Martda Vadetyacausa Alam*1
  1. Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Abstract :

Paket data dirasa menjadi kebutuhan tersendiri bagi para net generation yang merupakan pengguna smartphone. Net generation membutuhkan paket data untuk memperoleh koneksi internet dalam memaksimalkan penggunaan fitur pada smartphone yang dimilki. Paket data tersedia di pasar luas dengan aneka ragam pilihan baik secara kuantitas dan kualitas. Beraneka ragamnya pilihan paket data menunjukkan bahwa persaingan antara provider paket data internet di Indonesia begitu ketat. Iklan yang dinilai sebagai komponen penting dalam promosi, tak lepas dari perhatian para provider yang digunakan untuk menarik minat net generation agar menjadi konsumen. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana orientasi net generation terhadap iklan dalam pemilihan provider paket data internet. Penelitian ini menggunakan teori simulakra, hiperrealitas, konsumsi tanda/simbol dari J. Baudrillard dan perspektif budaya konsumen dari Mike Featherstone. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan paradigma konstruktivisme. Metode penentuan informan adalah metode purposive dengan jumlah informan sebanyak enam informan. Sedangkan Kelurahan Mojo, Kecamatan Gubeng, kota Surabaya menjadi lokasi penelitian dalam penelitian ini. Pada penelitian ini, net generation mengungkapkan bahwa iklan provider paket data internet menampilkan hal yang melampaui kenyataan dan dapat mengakibatkan calon konsumen untuk melakukan tindakan konsumsi. Net generation mengenal provider paket data internet yang ia pilih berdasarkan iklan, promosi langsung, dan rekomendasi orang terdekat (totalitas konsumen). Net generation memilih provider paket data internet berdasarkan pada kriteria yang mereka tentukan dan memilih provider paket data internet yang sesuai adanya berdasarkan pada pengalaman mereka selama masa percobaan.

Keyword :

iklan, , net generation, , orientasi, , provider paket data internet,


References :

Borgman, C.L,(1999) What are Digital Libraries? Competing Visions. 35, 227-243. : Jurnal Information Processing and Management,

Bungin, Burhan,(2008) Konstruksi Sosial Media Massa. ke-1 : Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Tinarbuko, Sumbo,(2009) Semiotika Komunikasi Visual. ke-1 : Yogyakarta: Jalasutra.





Archive Article

Cover Media Content

Volume : 6 / No. : 3 / Pub. : 2017-09
  1. Sosialisasi Nilai – Nilai Kemandirian Anak Terlantar (studi Tentang Pengasuhan Anak Terlantar Usia 3 – 12 Tahun Di Panti Asuhan Millinium)
  2. Pengaruh Kontrol Orang Tua Dan Peran Peer Group Terhadap Perilaku Merokok Pada Anak (studi Eksplanasi Tentang Perilaku Merokok Pada Anak Laki-laki Di Kecamatan Gubeng, Surabaya)
  3. Mekanisme Adaptasi Korban Phk Di Kota Surabaya
  4. Konstruksi Sosial Anak Jalanan Terhadap Rumah Singgah (studi Konstruksi Sosial Di Uptd Kampung Anak Negeri, Surabaya)
  5. Dukungan Sosial Orang Tua Dalam Pengobatan Dan Perawatan Pada Anak Penderita Thalasemia (studi Kualitatif Di Rsud Dr. Soetomo Surabaya)
  6. Konstruksi Sosial Pernikahan Endogami Di Kalangan Perempuan Keturunan Arab (studi Pada Perempuan Keturunan Arab Di Sepanjang)
  7. Relasi Ekonomi Masyarakat Trowulan (studi Mengenai Relasi Pengrajin Dengan Pengusaha Patung Di Kecamatan Trowulan Kabupaten Mojokerto)
  8. Identitas Komunitas Army (fandom Bangtan Boys) Suatu Kajian Subkultur Di Kota Surabaya
  9. Perilaku Menyimpang Siswa Smp (studi Deskripif Pada Siswa Smp Ipiems Surabaya)
  10. Transportasi Berbasis Aplikasi Online: Go-jek Sebagai Sarana Transportasi Masyarakat Kota Surabaya
  11. Strategi Adaptasi Dokter Terhadap Warga Desa Di Kecamatan Mojoroto Kota Kediri
  12. Pola Konsumsi Obat Pelangsing Di Kalangan Mahasiswi Fisip Universitas Airlangga Surabaya
  13. Fenomena Satuan Polisi Pamong Praja Perempuan (studi Keterlibatan Perempuan Sebagai Satuan Polisi Pamong Praja Di Kota Surabaya)
  14. “coming Out” Terhadap Orientasi Seksual Pada Kaum Homoseksual
  15. Pemilihan Kosmetik Berlabel Halal (studi Pada Kalangan Model Hijabers Di Kota Surabaya )
  16. Tindakan Sosial Komunitas Save Street Child Dalam Pemberdayaan Anak Jalanan Di Kota Malang
  17. Perempuan Korban Perkosaan (studi Tentang Konstruksi Sosial Dan Label Sosial Perempuan Korban Perkosaan Di Kecamatan Kepung, Kabupaten Kediri)
  18. Orientasi Terhadap Iklan Dalam Pemilihan Provider Paket Data Internet Di Kalangan Net Generation Di Kota Surabaya (studi Kasus Di Kelurahan Mojo Kecamatan Gubeng Kota Surabaya Pada Kalangan Mahasiswa Pendatang Di Universitas Airlangga)