Komunitas
ISSN 2303-1166
Vol. 2 / No. 1 / Published : 2013-02
Related with : Scholar Yahoo! Bing
Original Article :
Semangat wirausaha di kalangan mahasiswa: studi kasus pada mahasiswa pelaku wirausaha di universitas airlangga
Author :
- Devi Anjas Primasari*1
- mahasiswa sosiologi
Abstract :
Ringkasan Penelitian ini dilatarbelakangi oleh realitas bahwa semangat kewirausahaan mahasiswa disebabkan oleh berbagai macam faktor. Semangat itu tidak terlepas dari dukungan dan motivasi dari komunitas di mana mahasiswa itu beraktivitas dan bergaul dengan lingkungannya, tidak terkecuali kampus sebagai sebuah komunitas. Penelitian ini ingin mencari jawaban atas pertanyaan, yakni: Bagaimana semangat mahasiswa dalam berwirausaha di Universitas Airlangga? Secara teoritis studi ini dijelaskan dengan menggunakan perspektif teori ekonomi pasar oleh Clifford Geertz tentang bagaimana perbandingan antara etos dan praktik perdagangan di Jawa dan di Bali. Secara empiris, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Metode penelitian yang digunakan untuk studi ini adalah studi kasus, dan penarikan informannya melalui Snowball Sampling, dan didapat sebelas informan mahasiswa Universitas Airlangga yang berwirausaha. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa yang berwirausaha menerapkan semangat kewirausahaannya atas kontribusi yang diperolehnya melalui latar belakang dan dukungan keluarga serta faktor lingkungan pergaulan yang menumbuhkan semangat mahasiswa dalam berwirausaha. Keinginan dan tujuan untuk berwirausaha tersebut tidak hanya karena tujuan ekonomi semata tetapi juga dengan tujuan tentang banyak hal seperti mencapai cita-cita serta keinginan untuk menyenangkan orang tua, ingin terkenal karena keahliannya, ingin bermanfaat bagi orang lain, dan yang paling utama adalah ingin menyalurkan hobinya. Summary The background of this research is reality that the spirit of entrepreneurship students caused by various factors. The spirit of entrepreneurship by students cannot be separated from the support and motivation of a community in which students move and associate with the environment, not least college as a community should take to contribute. Hence, this research seeking answers to one question, namely: How does the spirit of students in entrepreneurship at the University of Airlangga. This article is reading theoretically explained using the theory of market economics perspective by Clifford Geertz on how the comparison between the ethos and practice of trade in Java and Bali (between individualism and the rationality of the market economy without the ability of economic organizations on the one hand, the ability to deal with economic organizations without individualism and free market economic rationality on the other). Empirically, this study used a qualitative approach. The method used to address existing problems that use this type of case study, by sampling through Snowball Sampling. In the process of collection, the data taken from the eleven informants Airlangga University students are become entrepreneurs. The results of this study indicate that students who apply entrepreneur with the spirit of entrepreneurship for contributing background gained through family support and social environmental factors that promote the spirit of student entrepreneurship. The desire and goal to entrepreneurship is not only caused of purely economic purposes but also for the purpose of many things such as achieving goals and the desire to please the parents, want to be famous because of his skills, to benefit others, and the main thing is to channelizing his hobbies.
Keyword :
Semangat, Kewirausahaan, Mahasiswa,
References :
Abdullah, Taufik. (ed.),(1988) Agama, Etos Kerja dan Perkembangan Ekonomi Jakarta : LP3ES
Denzin, Norman K. & Lincoln, Yvoanna S,(2009) Handbook of Qualitative Research Yogyakarta : Pustaka Pelajar Indonesia
Geertz, Clifford,(0000) Peddlers And Princes Chicago : University of Chicago
Geertz, Clifford,(1992) Tafsir Kebudayaan Kanisius : Kanisius
Archive Article
Cover Media | Content |
---|---|
![]() Volume : 2 / No. : 1 / Pub. : 2013-02 |
|