Libri-Net
ISSN
Vol. 6 / No. 1 / Published : 2017-01
Order : 11, and page :21 - 22
Related with : Scholar Yahoo! Bing
Original Article :
Pengaruh kompetensi pustakawan terhadap kinerja pustakawan dalam pelayanan pengguna di perpustakaan khusus
Author :
- Endah Nurcahayati*1
- Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Abstract :
Keberhasilan perpustakaan sangat dipengaruhi oleh adanya pustakawan yang memilikiperan penting dalam membantu mencapai tujuan/sasaran serta dapat membangun citra positifdihadapan masyarakat. Peran tersebut dapat dijalankan bila pustakawan dapat menghasilkankinerja yang baik sesuai dengan kompetensi yang dimiliki. Seperti pernyataan yang terdapatdidalam Undang-undang perpustakaan nomer 43 tahun 2007 yang mendefinisikan bahwapustakawan adalah seseorang yang memiliki kompetensi yang dipero leh melalui pendidikandan/ atau pelatihan kepustakawanan serta mempunyai tugas dan tanggung jawab untukmelaksanakan pengolahan dan pelayanan perpustakaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh kompetensi pustakawan terhadap kinerja pustakawan di perpustakaan khusus yang meliputi perpustakaan AAL, ATKP, PoltekKP,PoltekPel, dan PusdikPol. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalahpenelit ian lapangan (field research) yang bersifat kuantitatif. Pendekatan yang digunakandalam penelitian ini adalah pendekatan survey dan metode yang digunakan adalah metodeeksplanatif. Populasi sampel 32 pustakawan dengan menggunkan teknik purposive sampling.Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner. Teknik analisis yang digunakanadalah regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kompetensipustakawan berpengaruh po sit if terhadap kinerja pustakawan, dimana nilai t-hitung yangdipe ro leh 10,303 dengan taraf signifikan 0,000. Kemudian hasil analisis determinasimenjelaskan bahwa nilai determinasi R2 (R Square) sebesar 0,780. Serta nilai rata-rata padasetiap variabel menghasilkan nilai yang menunjukkan kategori baik, dimana pada variabel Xmeliput i kompetensi manajemen informasi 3,19, kompetensi interpersonal 3,23, kompetensiteknologi informasi 2,94, dan kompetensi manajemen 3,15. Sedangkan nilai rata-rata variabelY yaitu dari kesetiaan 3,28, prestasi kerja 3,21, kedisiplinan 3,26, kreativitas 3,26, kerjasama3,26, kecakapan 3,23, tanggung jawab 3,21, kuantitas kerja 3,23, kualitas kerja 3,19,pengetahuan tentang pekerjaan 3,14, keaslian gagasan 3,23, kesadaran dan kepercayaan 3,26,dan personal quality 3,14. Adapun saran yang disampaikan adalah kompetensi dan kinerjayang menghasilkan nilai rata-rata tinggi agar tetap selalu dipertahankan disetiap diripustakawan. Sedangkan kompetensi dan kinerja yang menghasilkan nilai rata-rata palingrendah agar supaya lebih ditingkatkan lagi.
Keyword :
Kompetensi Pustakawan, kinerja pustakawan,
References :
Arinda, Litia,(2013) Hubungan Kompetensi Pustakawan dan Prestasi Kerja di UPT Perpustakaan Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. - : Universitas Gadjah Mada
Palan, R.,(2007) Competency Management Teknik Mengimplementasikan Manajemen SDM Berbasis Kompetensi Untuk Meningkatkan Daya Saing Organisasi. - : PPM Indonesia
Archive Article
Cover Media | Content |
---|---|
![]() Volume : 6 / No. : 1 / Pub. : 2017-01 |
|