MOZAIK HUMANIORA
ISSN 2442-8469
Vol. 14 / No. 2 / Published : 2014-07
Order : 10, and page :242 - 255
Related with : Scholar Yahoo! Bing
Original Article :
The influence of sentence element awareness on english language proficiency test’s score
Author :
- Viqi Ardaniah*1
- Dosen Fakultas Ilmu Budaya
Abstract :
Penelitian ini berfokus pada pengaruh kesadaran akan unsur pembentuk kalimat terhadap peningkatan nilai grammar di sesi kedua pada English Language Proficiency Test (ELPT), yaitu GSWE (Grammar, Structure, and Written Expression). Untuk meningkatkan kesadaran ini, dibutuhkan beberapa metode pengajaran, sehingga metode penelitian tindakan kelas diperlukan, yang meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan evaluasi. Diperlukan tujuh minggu untuk menerapkan metode pengajaran tentang peningkatan kesadaran unsur pembentuk kalimat di kelas Extensive Englishyang diikuti oleh mahasiswa semester dua Program Diploma III Bahasa Inggris di Universitas Airlangga angkatan tahun 2013/2014. Di setiap minggu, mahasiswa diminta untuk mengidentifikasi unsur-unsur pembentuk kalimat. Di minggu pertama, mahasiswa diajari untuk memahami unsur pembentuk kalimat sederhana (simple sentence). Dua minggu berikutnya, mahasiswa diajari unsur pembentuk kalimat majemuk setara (compound sentence). Dua minggu berikutnya, mahasiswa diajari unsur pembentuk kalimat majemuk bertingkat (complex sentence). Di minggu terakhir, mahasiswa akan mengikuti ELPT. Dari hasil ELPT, nilai GSWE mahasiswa akan dibandingkan dengan nilai GSWE prates. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesadaran unsur pembentuk kalimat akan lebih cepat dicapai mahasiswa jika dilakukan dengan membandingkan unsur pembentuk kalimat antara Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia. Kedua, metode pengajaran peningkatan kesadaran unsur pembentuk kalimat berhasil meningkatkan nilai GSWE –ELPT sebesar 6,64%. Oleh karena itu, metode pengajaran yang ditujukan meningkatkan kesadaran unsur pembentuk kalimat mampu meningkatkan nilai sesigrammar.Kata kunci: GSWE, unsur pembentuk kalimat, ELPTAbstractThis study concerns the influence of sentence element awareness on the score of Grammar, Structure, and Written Expression (GSWE) in English Language Proficiency Test (ELPT). Some teaching methods need to be proposed to increase students’ awareness of sentence element. A class action method was used in this study, including planning, action, observation, and evaluation/reflection. For this purpose, the study was conducted for 7 weeks involving the students taking Extensive English course in the second semester of the academic year of 2013/2014. In the first week, the students were taught English simple sentence. In the next two weeks, students were taught English compound sentence. In the next two weeks, students were taught English complex sentences. In the last two weeks, the evaluation of GSWE was conducted. The results show that, first, the teaching method focusing on increasing students’ awareness of English sentence elements was designed by comparing those elements to Indonesian sentence elements. Second, this teaching method design was able to increase students’ score of GSWE in ELPT, about 6.64%. Thus, teaching method focusing on increasing students’ awareness of English sentence elements can increase students’ score of GSWE in ELPT.Keywords: GSWE, sentence element, ELPT
Keyword :
References :
Klimova, BF,(2014) “Syntactic-Semantic Classification of Sentences. 122: 428–432 : Procedia-Social and Behavioral Sciences
Archive Article
Cover Media | Content |
---|---|
![]() Volume : 14 / No. : 2 / Pub. : 2014-07 |
|