MOZAIK HUMANIORA
ISSN 2442-8469
Vol. 16 / No. 1 / Published : 2016-01
Order : 4, and page :42 - 53
Related with : Scholar Yahoo! Bing
Original Article :
Young people, religion, and the everyday practice of popular culture: the case of urban muslim young people
Author :
- Hariyadi*1
- Departemen Sosiologi, Universitas Jenderal Soedirman
Abstract :
AbstrakArtikel ini bertujuan untuk mengungkap praktik budaya populer dan agama anak muda Muslim perkotaan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan memanfaatkan metode wawancara, diskusi kelompok terfokus, dan pengamatan partisipan, para informan yang berstatus mahasiswa di Jakarta dan Bandung, terutama Universitas Negeri Jakarta dan Institut Teknologi Bandung, memperlihatkan bahwa mereka memiliki pandangan yang beragam terhadap budaya populer, agama, dan relasi di antara keduanya. Di satu sisi, mereka memiliki anggapan bahwa sebagian budaya populer memiliki dampak negatif terkait praktik keberagamaan, budaya populer membuka peluang berkurangnya waktu seseorang untuk mendekatkan diri pada Tuhan. Di sisi lain, mereka tidak bisa melepaskan diri dari budaya populer dan turut mengonsumsinya dan menikmati posisinya sebagai konsumen. Selain itu, mereka menempatkan agama sebagai suatu hal yang tidak sepenuhnya dogmatik melainkan dapat dikompromikan dengan kondisi individual penganutnya, termasuk anak muda. Mereka dapat dikatakan berada pada tahap pengenalan terhadap diri dan agamanya sehingga memiliki kecenderungan lebih terbuka dalam menerima bentuk-bentuk budaya populer yang dianggap tidak sepenuhnya sesuai dengan agama yang mereka yakini. Konsumsi mereka akan budaya populer dan kesungguhan mereka akan agama mereka menegaskan bahwa anak muda di Indonesia ingin menjadi modern dan saleh pada saat yang bersamaan. Dengan demikian, anak muda Muslim kota di Indonesia menunjukkan bahwa mereka tidaklah menjadi “milik” eksklusif Baratisasi dan Islamisasi;mereka menciptakan identitas mereka sendiri yang berbeda.Kata kunci: agama, anak muda, budaya populer, kehidupan sehari-hariAbstractThis article aims to reveal popular culture and religious practices of urban Muslim youth in everyday life. By utilizing interviews, focus group discussions, and participant observation to informants who are students in Jakarta and Bandung, especially the State University of Jakarta and Bandung Institute of Technology, this research showed that they had mixed views on popular culture, religion, and the relationship between them. On the one hand, they assume that the majority of popular culture has a negative impact toward religious practices. Popular culture reduced the time for someone to get closer to God. On the other hand, they cannot detach themselves from popular culture and consume it. In addition, they put religion as something that is not completely dogmatic but can be adjusted with the condition of individual believers, including young people. They can be said to be in the stage of knowing themselves and their religion, thus having the tendency to be more open in accepting forms of popular culture that are not considered fully in accordance with their religious beliefs. Their consumption of popular culture and declaration of religion suggests that urban young people in Indonesia are aiming to be modern and pious at the same time. In doing so, urban Indonesian Muslim young people demonstrate that they do not exclusively belong to either Westernisation or Islamism;they are creating their own distinctive identity.Keywords: everyday life, popular culture, religion, young people
Keyword :
everyday life, popular culture, religion, young people,
References :
Naafs, Suzanne and Ben White,(2012) Intermediate Generations: Reflections on Indonesian Youth Studies. (1): 3-20. : The Asia Pacific Journal of Anthropology 13
Archive Article
Cover Media | Content |
---|---|
![]() Volume : 16 / No. : 1 / Pub. : 2016-01 |
|