ISSN
Vol. 4 / No. 2 / Published : 2015-01
Order : 23, and page :303 - 315
Related with : Scholar Yahoo! Bing
Original Article :
analisis wacana kritis peliputan letusan gunung sinabung dan gunung kelud di metro tv
Author :
- Amalia Nurul Muthmainnah*1
- Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Abstract :
ABSTRAK
Penelitian ini berangkat dari asumsi dasar bahwa korban bencana kini menjadi korban media. Hal ini dikarenakan peneliti melihat peliputan bencana, khususnya di media televisi, sarat akan berita yang dramatik dan traumatik. Penelitian ini lantas dibatasi hanya pada peliputan letusan Gunung Sinabung (sejak 14 September 2013 hingga pertengahan tahun 2014) dan letusan Gunung Kelud (13 Februari 2014) di Metro TV. Untuk membedah permasalahan ini, peneliti mengaitkannya dengan perspektif jurnalisme bencana, ekonomi-politik media, serta etika dan regulasi jurnalistik yang berkaitan dengan peliputan bencana. Lewat pisau analisis wacana kritis Norman Fairclough, peneliti menemukan bahwa sebagian besar peliputan bencana tidak memenuhi prinsip jurnalisme bencana serta melanggar etika dan regulasi jurnalistik. Hal ini disebabkan oleh pengejaran rating, kepentingan politik pemilik media jelang Pemilu 2014, dan minimnya pelatihan peliputan bencana dari instansi pers terhadap jurnalis-jurnalisnya. Meski berdalih untuk menumbuhkan rasa iba dan humanisme, media televisi –khususnya Metro TV, justru gagal menjalankan fungsi edukasinya saat bencana terjadi.
Kata Kunci: jurnalisme bencana, televisi, analisis wacana kritis, ekonomi politik media, Metro TV.
Keyword :
jurnalisme becana, televisi, analisis wacana kritis, ekonomi politik media, metro tv,
References :
Devereux, E ,(2003) Understanding The Media 1 : SAGE Publication, London.
Junaedi, F ,(2013) urnalisme Penyiaran dan Reportase Televisi 1 : Kencana Prenada Media Group, Jakarta.
Archive Article
Cover Media |
Content |
Volume : 4 / No. : 2 / Pub. : 2015-01 |
- Bentuk – Bentuk Komunikasi Pemasaran Yang Digunakan Dalam Program Telkomsel School Community Oleh Telkomsel Surabaya
- Teknik-teknik Sosialisasi Program Larasita Yang Dilakukan Oleh Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Maros
- Gambaran Sensualitas Tubuh Perempuan Dalam Komik One Piece
- Penerimaan Khalayak Terhadap Sensualitas Perempuan Pada Visual Di Bak Truk
- Representasi Identitas Kultural Dalam Simbol-simbol Pada Batik Tradisional Dan Kontemporer
- Hubungan Terpaan Iklan Televisi Produk Revlon Dengan Motivasi Konsumen Wanita Dalam Melakukan Pembelian Produk Di Mall Surabaya
- Penerimaan Komunitas Pecinta Korea Di Surabaya Terhadap Sensualitas Perempuan Dalam Video Klip Gentleman Dan Female President
- Strategi Kampanye Kebijakan Silent Airport Oleh Pt. Angkasa Pura I (persero) (studi Kasus Bandara Juanda Surabaya)
- Representasi Anak Pada Iklan Televisi Asuransi Prudential Indonesia (studi Reception Analysis Orang Tua Terhadap Representasi Anak Pada Iklan Televisi Prudential Indonesia)
- Analisis Genre Film Action Indonesia Dalam Film The Raid Redemption (2011) Dan The Raid 2 Berandal (2014)
- Interpretasi Perempuan Pengguna Hijab Terhadap Sensualitas Tubuh Perempuan Pada Foto-foto Di Dalam Majalah Hijabella
- Keterbukaan Pada Pasangan Arranged Married Mengenai Dimensi Passion Dalam Committed Romantic Relationships
- Analisis Wacana Partisipasi Politik Pada Petisi “tolak Ruu Pilkada” Dan Petisi “tolak Revisi Ruu Md3” Dalam Website Www.change.org
- Pemberdayaan Komunitas Dan Eksistensi Musik Kendang-kempul Di Media Penyiaran Komunitas (studi Kasus Pada Radio Komunitas Citra Fm Banyuwangi)
- Wacana Politik Tubuh Perempuan Dalam Film Testpack:you Are My Baby
- Identitas Masyarakat Urban Dalam Tayangan Desain Arsitektur Rumah Griya Unik Trans Tv Dan D’sign Net Tv
- Wacana Islam Sebagai Identitas Agama Oriental Dalam Tayangan Dua Dunia Di Trans 7
- Penggambaran Gaya Hidup Muslimah Urban Dalam Majalah Laiqa Dan Scarf
- Konstruksi Identitas Tahanan Politik Orde Baru Dalam Novel Amba Karya Laksmi Pamuntjak
- Strategi Relationship Marketing Primagama Magetan Untuk Mempertahankan Loyalitas Konsumen
- Representasi Terorisme Dalam Film Java Heat
- Pengungkapan Informasi Privat Tentang Identitas Seksual Seorang Gay Kepada Orang Lain
- Strategi Marketing Public Relations The Sun Hotel Sidoarjo Pada Publik Konsumen
- Analisis Wacana Kritis Peliputan Letusan Gunung Sinabung Dan Gunung Kelud Di Metro Tv
- Indentitas Budaya Masyarakat Bali Dalam Film Under The Tree Karya Garin Nugroho
- Studi Analisis Loyalitas Konsumen Garuda Indonesia Keberangkatan Jakarta Terhadap Brand Garuda Indonesia
- Implementasi Program Tanggung Jawab Sosial Dan Lingkungan Sebagai Strategi Pembentukan Citra Perusahaan (studi Kasus Program Corporate Social Responsibility Pt. Perusahaan Gas Negara (persero) Tbk Sbu Dw Ii)
- Analisis Implementasi Pendekatan Relationship Marketing Pada Marketing Communications Dalam Mempertahankan Loyalitas Pelanggan (studi Kasus Pada Pt. Serasi Transportasi Nusantara (o-renz Taxi))
- Penggambaran Identitas Perempuan Dalam Iklan Bumbu Masak
- Peran Cak Dan Ning Surabaya Dalam Strategi Promosi Kota Surabaya
- Representasi Femininitas Remaja Wanita Pada Majalah Nylon Indonesia
- Analisis Strategi Internet Marketing Butik Online Di Surabaya Melalui Instagram
- Komunikasi Antara Perawat Terhadap Pasien Di Igd Rsu Jati Husada Karanganyar
- Strategi Manajemen Konflik Pada Pasangan Suami Istri Yang Menikah Dengan Dijodohkan Pada Keluarga Arab
- Analisis Sikap Penerima Program Corporate Social Responsibility (csr) Go Green Blue Vision Departemen Humas Pt.pupuk Kaltim
- Gambaran Gaya Hidup Gaul Dalam Iklan Kopi Good Day Gaul Dan Iklan Kopiko 78º
- Mitos Bapak Pada Iklan Sos Pembersih Lantai Dan Pepsodent
- Wacana Korupsi Dalam Film-film Independen
- Pengungkapan Informasi Privat Oleh Remaja Putra Korban Bullying Di Sekolah Kepada Orang Lain
|