UNIVERSITAS AIRLANGGA



Detail Article

Commonline

ISSN

Vol. 2 / No. 3 / Published : 2013-06

Order : 6, and page :331 - 346

Related with : Scholar   Yahoo!   Bing

Original Article :

Strategi pasangan suami-istri mengkomunikasikan bentuk kemandirian pada anak tunarungu

Author :

  1. Wardatul Badi’ah *1
  1. Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Abstract :

ABSTRAK  Penelitian ini meneliti mengenai bagaimana strategi pasangan suami-istri mengkomunikasikan bentuk kemandirian pada anak tunarungu. Adapun strategi yang digunakan oleh setiap orang tua tentu berbeda satu sama lain dan dipengaruhi oleh berbagai hal, salah satunya adalah couple types pasangan. Peneliti tertarik untuk meneliti hal tersebut karena dalam berkomunikasi satu sama lain saja seringkali sulit untuk dipahami oleh komunikan. Lalu bagaimana komunikasi yang dilakukan oleh orang tua kepada anaknya yang menyandang tunarungu? Penyandang tunarungu memiliki keterbatasan dalam mendengar, yang menyulitkan mereka untuk menangkap dan mengolah bunyi atau suara yang ada di sekitarnya dengan tepat dan berpengaruh pada perkembangan bicaranya. Peneliti memperoleh sebuah hasil bahwa setiap pasangan mempunyai strategi masing-masing dalam mengkomunikasikan kemandirian pada anak tunarungu. Kata kunci: Couple types, Role family functions, Anak tunarungu.

Keyword :

Couple types, Role family functions, Anak tunarungu,


References :

Galvin, Kathleen M., and Brommel Bernard J. ,(1982) Family Communication: Cohesion and Change, Scott USA : Foresman and Company

Littlejohn, Stephen W. and Karen A. Foss ,(2005) Theories of Human Communication, 8th.ed., California. : Wadsworth Publishing Company





Archive Article

Cover Media Content

Volume : 2 / No. : 3 / Pub. : 2013-06
  1. Repesentasi Perempuan Suku Bajo Dalam Film “the Mirror Never Lies”
  2. Penerimaan Perempuan Terhadap Representasi Model Perempuan Pada Iklan Rokok Pall Mall “light Up The Night” Dan Sampoerna Mild Pada Media Di Indonesia
  3. Sumber – Sumber Informasi Remaja Perempuan Di Surabaya Dalam Melakukan Peniruan Cara Berpakaian
  4. Penerapan Fungsi-fungsi Peran Dalam Komunikasi Keluarga Yang Memiliki Individu Penyandang Autisme
  5. Teknik-teknik Komunikasi Pemasaran Anggota Komonshop Indonesia Melalui Social Media
  6. Opini Khalayak Terhadap Penggunaan Bintang Iklan Pada Iklan Ponds Di Televisi
  7. Tingkat Capaian Brand Awareness Apple Melalui Promotional Tools Pada Masyarakat Surabaya
  8. Analisis Wacana Kritis Stereotip Etnis Tionghoa Pada Pertunjukan Stand-up Comedy Yang Ditampilkan Ernest Prakasa
  9. Penerimaan Khalayak Remaja Perempuan Pembaca Majalah Gogirl! Terhadap Konsep Kecantikan Dalam Rubrik Q&a Fashion Dan Beauty
  10. Wacana Gay Dalam Skenario Film Arisan!
  11. Hubungan Antara Terpaan Media Tayangan Bima Satria Garuda Dengan Perilaku Kekerasan Yang Dilakukan Oleh Anak
  12. Penggambaran Anak-anak Dalam Program Televisi Si Bolang Trans7
  13. Fanatisme Fans Kpop Dalam Blog Netizenbuzz
  14. Representasi Nasionalisme Dalam Film “5 Cm”
  15. Wacana Kecantikan Dan Proses Penuaan Perempuan Pada Iklan Olay Total Effects “atasi Tujuh Tanda Penuaan”
  16. Penggambaran Mitos Cantik Kota Surabaya
  17. Analisis Wacana Kritis Komodifikasi Development Basketball League 2013 Melalui Teks Pemberitaan Jawa Pos
  18. Participatory Culture Dalam Suegele Lek Fans Club - Radio Suzana Fm Surabaya
  19. Sikap Pengguna Askes Sosial Terhadap Pelayanan Askes Center Pt. Askes (persero)
  20. Konstruksi Identitas Balita Dalam Iklan Susu
  21. Representasi Maskulinitas Dalam Fan Fiction Une Amore
  22. Strategi Pasangan Suami-istri Mengkomunikasikan Bentuk Kemandirian Pada Anak Tunarungu
  23. Program Kemitraan Dan Bina Lingkungan Sebagai Strategi Pembentukan Citra Perusahaan Sebagai Program Corporate Social Responsibility Pt Petrokimia Gresik
  24. Strategi Marketing Public Relations Pt. Cipta Mortar Utama Dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan
  25. Aktivitas Online Public Relations Humas Pt. Angkasa Pura 1 (persero) Bandara Juanda