ISSN
Vol. 2 / No. 3 / Published : 2013-06
Order : 4, and page :222 - 235
Related with : Scholar Yahoo! Bing
Original Article :
Wacana kecantikan dan proses penuaan perempuan pada iklan olay total effects “atasi tujuh tanda penuaan”
Author :
- Revina Rahmadhani *1
- Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Abstract :
ABSTRAK
Penelitian ini membahas wacana kecantikan dan proses penuaan perempuan pada Iklan Televisi Olay Total Effects “Atasi Tujuh Tanda Penuaan”. Peneliti berasumsi bahwa terdapat konstruksi wacana kecantikan dan proses penuaan perempuan yang menjadikan kemudaan sebagai kecantikan ideal bagi perempuan pada iklan tersebut. Dengan menggunakan metode kualitatif eksploratif dan pisau analisis Critical Discourse Analysis (CDA) Norman Fairclough, peneliti menginterpretasikan wacana dominan yang dinegosiasikan oleh iklan Olay. Teks, Discourse Practice, dan Sociocultural Practice merupakan dimensi dari analisis wacana di dalam penelitian ini. Iklan Olay Total Effects “Atasi Tujuh Tanda Penuaan” yang diklasifikasi sebagai teks dalam konteks ini bukanlah produk budaya yang bebas nilai. Berdasar hasil penelitian, ditemukan bahwa konstruksi wacana yang terdapat dalam iklan Televisi Olay Total Effects “Atasi Tujuh Tanda Penuaan” yakni kemudaan merupakan penentu kecantikan perempuan. Selain itu, wacana lain yang dinegosiasikan oleh iklan Olay ialah penuaan perempuan kemudian digambarkan sebagai hal yang menakutkan.
Kata kunci: CDA, Wacana Kecantikan, Ageism, iklan televisi, Fairclough
Keyword :
CDA, Wacana Kecantikan, Ageism, iklan televisi, Fairclough,
References :
Bungin, M. Burhan. ,(2003) Pornomedia: Sosiologi Media, Konstruksi Sosial Teknologi Telematika, & Perayaan Seks di Media Massa Jakarta : Prenada Media
Bungin, M. Burhan. ,(2008) Konstruksi Sosial Media Massa: Kekuatan Pengaruh Media Massa, Iklan Televisi dan Keputusan Konsumen serta Kritik terhadap Peter L. Berger & Thommas Luckmann. Jakarta : Kencana Prenada
Archive Article
Cover Media |
Content |
Volume : 2 / No. : 3 / Pub. : 2013-06 |
- Repesentasi Perempuan Suku Bajo Dalam Film “the Mirror Never Lies”
- Penerimaan Perempuan Terhadap Representasi Model Perempuan Pada Iklan Rokok Pall Mall “light Up The Night” Dan Sampoerna Mild Pada Media Di Indonesia
- Sumber – Sumber Informasi Remaja Perempuan Di Surabaya Dalam Melakukan Peniruan Cara Berpakaian
- Penerapan Fungsi-fungsi Peran Dalam Komunikasi Keluarga Yang Memiliki Individu Penyandang Autisme
- Teknik-teknik Komunikasi Pemasaran Anggota Komonshop Indonesia Melalui Social Media
- Opini Khalayak Terhadap Penggunaan Bintang Iklan Pada Iklan Ponds Di Televisi
- Tingkat Capaian Brand Awareness Apple Melalui Promotional Tools Pada Masyarakat Surabaya
- Analisis Wacana Kritis Stereotip Etnis Tionghoa Pada Pertunjukan Stand-up Comedy Yang Ditampilkan Ernest Prakasa
- Penerimaan Khalayak Remaja Perempuan Pembaca Majalah Gogirl! Terhadap Konsep Kecantikan Dalam Rubrik Q&a Fashion Dan Beauty
- Wacana Gay Dalam Skenario Film Arisan!
- Hubungan Antara Terpaan Media Tayangan Bima Satria Garuda Dengan Perilaku Kekerasan Yang Dilakukan Oleh Anak
- Penggambaran Anak-anak Dalam Program Televisi Si Bolang Trans7
- Fanatisme Fans Kpop Dalam Blog Netizenbuzz
- Representasi Nasionalisme Dalam Film “5 Cm”
- Wacana Kecantikan Dan Proses Penuaan Perempuan Pada Iklan Olay Total Effects “atasi Tujuh Tanda Penuaan”
- Penggambaran Mitos Cantik Kota Surabaya
- Analisis Wacana Kritis Komodifikasi Development Basketball League 2013 Melalui Teks Pemberitaan Jawa Pos
- Participatory Culture Dalam Suegele Lek Fans Club - Radio Suzana Fm Surabaya
- Sikap Pengguna Askes Sosial Terhadap Pelayanan Askes Center Pt. Askes (persero)
- Konstruksi Identitas Balita Dalam Iklan Susu
- Representasi Maskulinitas Dalam Fan Fiction Une Amore
- Strategi Pasangan Suami-istri Mengkomunikasikan Bentuk Kemandirian Pada Anak Tunarungu
- Program Kemitraan Dan Bina Lingkungan Sebagai Strategi Pembentukan Citra Perusahaan Sebagai Program Corporate Social Responsibility Pt Petrokimia Gresik
- Strategi Marketing Public Relations Pt. Cipta Mortar Utama Dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan
- Aktivitas Online Public Relations Humas Pt. Angkasa Pura 1 (persero) Bandara Juanda
|