ISSN
Vol. 3 / No. 3 / Published : 2014-05
Order : 3, and page :518 - 527
Related with : Scholar Yahoo! Bing
Original Article :
Penggambaran peran suami istri dalam iklan teh sariwangi
Author :
- Dita Marisa Safitri *1
- Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Abstract :
ABSTRAK
Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran suami-istri digambarkan dalam iklan teh sariwangi. Menggunakan iklan teh sariwangi karena iklan ini menggunakan tema mengenai kehidupan suami-istri dalam rumah tangga. Tema ini menjadi menarik untuk diteliti karena selama ini tema keluarga khususnya peran suami-istri dalam kehidupan rumah tangga diangkat menjadi sebuah komoditi dalam membuat sebuah iklan untuk menarik minat pembeli agar mengkonsumsi sebuah produk. Penelitian ini adalah kualitatif-deskriptif dan untuk membaca tanda pada iklan tersebut peneliti menggunakan analisis semiotik, yang kemudian dianalisis dan diinterpretasi kedalam tiga tingkat analisis John Fiske berdasarkan pada data yang telah di dapat mengenai peran suami-istri. Penelitian ini menunjukkan peran dari suami-istri yang banyak ditampilkan di media massa pada umumnya yakni suami memiliki peran sebagai kepala keluarga, menafkahi anak dan istri dan melindungi anak dan istri. sedangkanistri memiliki peran sebagai ibu rumah tangga, merawat anak dan suami, mempersiapkan dan menyediakan kebutuhan anak dan suami.
Kata kunci : Representasi, Semiotik, Peran Suami-Istri, Iklan Teh Sariwangi.
Keyword :
Representasi, Semiotik, eran Suami-Istri, Iklan Teh Sariwangi,
References :
Danesi, Marcel,(2010) Pesan, Tanda, dan Makna: Buku Teks Dasar Mengenai Semiotika dan Teori Komunikasi. Yogyakarta : Jalasutra
Goode, William J.,(2007) Sosiologi Keluarga. Jakarta : PT Bumi Aksara
Archive Article
Cover Media |
Content |
Volume : 3 / No. : 3 / Pub. : 2014-05 |
- Nilai Yang Dihasilkan Perceived Quality Po. Sumber Kencono Pasca Rebranding Bus Sumber Kencono
- Motif Remaja Akhir Surabaya Menggunakan Game Facebook
- Aliran Informasi Dalam Sistem Organisasi Pada Kedutaan Besar Republik Indonesia (kbri) Canberra (studi Kasus: People Smuggling)
- Studi Fandom Jkt48 Sebagai Pop Culture
- Analisis Discourse Gerakan Sosial Pada Grup Facebook ‘save Kpk....!!’
- Penggambaran Budaya Tionghoa Indonesia Di Surabaya Dalam Majalah Internal Pasar Atom & Atom Mall : “shopping At Pasar Atom”
- Perempuan Dalam Lirik Lagu Dangdut Koplo Dimaknai Pekerja Keras Dan Curhat “melas“
- Representasi Identitas Etnis Papua Dalam Film Lost In Papua
- Nilai Yang Dihasilkan Perceived Quality Po. Sumber Kencono Pasca Rebranding Bus Sumber Kencono
- Corporate Rebranding Waralaba Pt. Coffee Toffee Indonesia Melalui Promotional Tools
- Penggambaran Peran Suami Istri Dalam Iklan Teh Sariwangi
- Motif Menggunakan Social Media Path Pada Mahasiswa Di Surabaya
- Kegiatan Komunikasi Pemasaran Depot Rujak Cingur Genteng Durasim Surabaya
- Representasi Peran Ibu Dalam Film Ummi Aminah Karya Aditya Gumay
- Analisis Genre Film Horor Indonesia Dalam Film Jelangkung (2001)
- Motif Remaja Pengguna Facebook Dalam Memainkan Game Farmville2
- Wacana Kecantikan Perempuan Dalam Teks Gaya Hidup Vegetarian Pada Media Online Vemale.com
- Studi Analisis Pemaknaan Hijabers Community Surabaya Terhadap Hijab Dalam Film 99 Cahaya Di Langit Eropa
- Representasi Nasionalisme Dalam Video Klip Jadilah Legenda Oleh Group Band Superman Is Dead
- Motif Membaca Rubrik For Her Surat Kabar Jawa Pos Pada Perempuan
- Pola Komunikasi Kyai Di Pondok Pesantren
- Representasi Perempuan Dalam Hubungan Romantis Pada Lirik Lagu Kirana Dan Tega
- Preferensi Audiens Terhadap Elemen-elemen Iklan Tvc Produk Teh Pucuk Harum 2013
- Wacana Perempuan Dalam Film Animasi Disney Princess “brave”
- Representasi Identitas Waria Dalam Kostum Waria Pada Film Madame X
- Wacana Perceraian Dan Selebriti Perempuan Dalam Program Talkshow Hitam Putih Di Trans7
|