UNIVERSITAS AIRLANGGA



Detail Article

Commonline

ISSN

Vol. 3 / No. 3 / Published : 2014-05

Order : 3, and page :518 - 527

Related with : Scholar   Yahoo!   Bing

Original Article :

Penggambaran peran suami istri dalam iklan teh sariwangi

Author :

  1. Dita Marisa Safitri *1
  1. Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Abstract :

ABSTRAK Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran suami-istri digambarkan dalam iklan teh sariwangi. Menggunakan iklan teh sariwangi karena iklan ini menggunakan tema mengenai kehidupan suami-istri dalam rumah tangga. Tema ini menjadi menarik untuk diteliti karena selama ini tema keluarga khususnya peran suami-istri dalam kehidupan rumah tangga diangkat menjadi sebuah komoditi dalam membuat sebuah iklan untuk menarik minat pembeli agar mengkonsumsi sebuah produk. Penelitian ini adalah kualitatif-deskriptif dan untuk membaca tanda pada iklan tersebut peneliti menggunakan analisis semiotik, yang kemudian dianalisis dan diinterpretasi kedalam tiga tingkat analisis John Fiske berdasarkan pada data yang telah di dapat mengenai peran suami-istri. Penelitian ini menunjukkan peran dari suami-istri yang banyak ditampilkan di media massa pada umumnya yakni suami memiliki peran sebagai kepala keluarga, menafkahi anak dan istri dan melindungi anak dan istri. sedangkanistri memiliki peran sebagai ibu rumah tangga, merawat anak dan suami, mempersiapkan dan menyediakan kebutuhan anak dan suami. Kata kunci : Representasi, Semiotik, Peran Suami-Istri, Iklan Teh Sariwangi.

Keyword :

Representasi, Semiotik, eran Suami-Istri, Iklan Teh Sariwangi,


References :

Danesi, Marcel,(2010) Pesan, Tanda, dan Makna: Buku Teks Dasar Mengenai Semiotika dan Teori Komunikasi. Yogyakarta : Jalasutra

Goode, William J.,(2007) Sosiologi Keluarga. Jakarta : PT Bumi Aksara





Archive Article

Cover Media Content

Volume : 3 / No. : 3 / Pub. : 2014-05
  1. Nilai Yang Dihasilkan Perceived Quality Po. Sumber Kencono Pasca Rebranding Bus Sumber Kencono
  2. Motif Remaja Akhir Surabaya Menggunakan Game Facebook
  3. Aliran Informasi Dalam Sistem Organisasi Pada Kedutaan Besar Republik Indonesia (kbri) Canberra (studi Kasus: People Smuggling)
  4. Studi Fandom Jkt48 Sebagai Pop Culture
  5. Analisis Discourse Gerakan Sosial Pada Grup Facebook ‘save Kpk....!!’
  6. Penggambaran Budaya Tionghoa Indonesia Di Surabaya Dalam Majalah Internal Pasar Atom & Atom Mall : “shopping At Pasar Atom”
  7. Perempuan Dalam Lirik Lagu Dangdut Koplo Dimaknai Pekerja Keras Dan Curhat “melas“
  8. Representasi Identitas Etnis Papua Dalam Film Lost In Papua
  9. Nilai Yang Dihasilkan Perceived Quality Po. Sumber Kencono Pasca Rebranding Bus Sumber Kencono
  10. Corporate Rebranding Waralaba Pt. Coffee Toffee Indonesia Melalui Promotional Tools
  11. Penggambaran Peran Suami Istri Dalam Iklan Teh Sariwangi
  12. Motif Menggunakan Social Media Path Pada Mahasiswa Di Surabaya
  13. Kegiatan Komunikasi Pemasaran Depot Rujak Cingur Genteng Durasim Surabaya
  14. Representasi Peran Ibu Dalam Film Ummi Aminah Karya Aditya Gumay
  15. Analisis Genre Film Horor Indonesia Dalam Film Jelangkung (2001)
  16. Motif Remaja Pengguna Facebook Dalam Memainkan Game Farmville2
  17. Wacana Kecantikan Perempuan Dalam Teks Gaya Hidup Vegetarian Pada Media Online Vemale.com
  18. Studi Analisis Pemaknaan Hijabers Community Surabaya Terhadap Hijab Dalam Film 99 Cahaya Di Langit Eropa
  19. Representasi Nasionalisme Dalam Video Klip Jadilah Legenda Oleh Group Band Superman Is Dead
  20. Motif Membaca Rubrik For Her Surat Kabar Jawa Pos Pada Perempuan
  21. Pola Komunikasi Kyai Di Pondok Pesantren
  22. Representasi Perempuan Dalam Hubungan Romantis Pada Lirik Lagu Kirana Dan Tega
  23. Preferensi Audiens Terhadap Elemen-elemen Iklan Tvc Produk Teh Pucuk Harum 2013
  24. Wacana Perempuan Dalam Film Animasi Disney Princess “brave”
  25. Representasi Identitas Waria Dalam Kostum Waria Pada Film Madame X
  26. Wacana Perceraian Dan Selebriti Perempuan Dalam Program Talkshow Hitam Putih Di Trans7