Anglicist
ISSN 2301-5837
Vol. 3 / No. 2 / Published : 2014-08
Order : 2, and page :60 - 66
Related with : Scholar Yahoo! Bing
Original Article :
Female sexuality in pepsi commercial (a study of discourse of advertising)
Author :
- Yuliza Ria *1
- Retno Wulandari Setyaningsih*2
- Mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya
- Dosen Fakultas Ilmu Budaya
Abstract :
Artikel ini membahas peran bahasa dalam iklan, terutama dalam iklan komersial di televisi, melalui wacana seksualitas perempuan untuk menjual produk. Studi kasus yang digunakan adalah iklan Pepsi yang memanfaatkan selebriti perempuan sebagai pemeran utama guna menunjukkan cara wacana seksualitas perempuan dikembangkan oleh iklan Pepsi. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif dan teori yang digunakan adalah Wacana Iklan dari Guy Cook. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan gambar, musik, ucapan dan tulisan dalam iklan Pepsi menghasilkan kesatuan dalam membangun wacana seksualitas perempuan. Pepsi menggambarkan bahwa setiap perempuan bisa menjadi seperti pelaku dalam iklan Pepsi; memperlihatkan kulit tubuh, menonjolkan seksualitas perempuan, mengambil peran dan menjadi perempuan yang kuat dengan minum Pepsi. Dari data yang diperoleh juga diketahui bahwa Pepsi telah mengembangkan wacana seksualitas perempuan ke arah yang positif, yakni seorang perempuan mampu mempengaruhi orang lain melalui kekuatan keperempuanannya dalam budaya yang menindas.
Keyword :
iklan, analisa wacana, seksualitas perempuan, iklan televisi ,
References :
Reichert, T. & Lambiase, J.,(2003) Sex in Advertising: Perspectives on the Erotic Appeal New Jersey : Lawrence Erlbaum.
Archive Article
Cover Media | Content |
---|---|
![]() Volume : 3 / No. : 2 / Pub. : 2014-08 |
|