AntroUnairDotNet
ISSN 2303-3053
Vol. 6 / No. 3 / Published : 2017-03
Order : 6, and page :349 - 357
Related with : Scholar Yahoo! Bing
Original Article :
Kehidupan mahasiswi sebagai sales promotion girl di kota surabaya
Author :
- Astrid Widowati*1
- Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Abstract :
Abstract This study discusses the life of coed who also work as Sales Promotion Girl in Surabaya. This work is synonymous with beautiful women in charge of promoting goods directly to consumers is often referred to by its abbreviation is SPG. The researcher discusses using Dramaturgy theory by Erving Goofman. The goal is to know the front stage of the informant that is when the SPG and the back stage when a student and his personal life. The method used in this research is qualitative research with descriptive research type. This research chose 8 informants in accordance with predetermined criteria of informants.The results show differences on the front stage and backstage. On the front stage the informant always shows the best in front of the audience with makeup, hairdo, the use of work uniform, attitude and mannerisms and speech style in accordance with what has been determined. The stage of the informant is more pretentious. On the back stage of the informant becomes himself like without using makeup, wearing clothes as he wishes, attending various activities as a college student, doing hobbies, gathering with family and part of informant doing other work that is becoming commercial sex worker. Results of field research indicate that the informant performs more than one role ie SPG, coed and commercial sex worker. This difference is seen in terms of physical, attitudes and style of speech but the informants can run it well though sometimes occasionally pretense and self-sacrifice. Keywords: Sales Promotion Girl, Coed, Commercial Sex Worker, Front Stage and Backstage Abstrak Penelitian ini membahas tentang kehidupan para mahasiswi yang sekaligus bekerja sebagai Sales Promotion Girl di Kota Surabaya. Pekerjaan ini identik dengan perempuan cantik yang bertugas mempromosikan barang langsung kepada konsumen ini sering disebut dengan singkatannya yaitu SPG. Peneliti membahas menggunakan teori Dramaturgi karya Erving Goofman. Tujuannya adalah mengetahui panggung depan informan yaitu ketika menjadi SPG dan panggung belakang ketika menjadi mahasiswi dan berbagai kehidupan pribadinya. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah penelitian kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Penelitian ini memilih 8 informan sesuai dengan kriteria informan yang sudah ditentukan sebelumnya. Hasil penelitian menunjukkan perbedaan pada panggung depan dan panggung belakang. Pada panggung depan informan selalu menunjukkan yang terbaik di depan audien dengan riasan wajah, tatanan rambut, penggunaan seragam kerja, sikap dan tingkah serta gaya bicara sesuai dengan apa yang sudah ditentukan. Panggung depan informan lebih banyak terjadi kepura – puraan. Pada panggung belakang informan menjadi dirinya sendiri seperti tanpa menggunakan riasan wajah, menggunakan pakaian sesuai keinginan, mengikuti berbagai kegiatan sebagai mahasiswi di kampus, menjalankan hobi, berkumpul bersama keluarga dan sebagian dari informan melakukan pekerjaan lainnya yaitu menjadi pekerja seks komersial. Temuan data di lapangan menunjukkan bahwa informan menjalankan peran lebih dari satu yaitu menjadi SPG, mahasiswi dan pekerja seks komersial. Perbedaan ini terlihat dari segi fisik, sikap dan gaya bicara namun para informan dapat menjalankannya dengan baik meksipun terkadang terjadi kepura – puraan dan mengorbankan dirinya sendiri. Kata Kunci :Sales Promotion Girl, Mahasiswi, Pekerja Seks Komersial , Panggung Depan dan Panggung Belakang
Keyword :
Sales Promotion Girl, Panggung Depan dan Panggung Belakang, Mahasiswi, Pekerja Seks Komersial,
References :
Moleong, Lexy J. ,(1998) Metodologi Penelitian Kualitatif AntroUnairdotNet, Vol.VI/No.3/Oktober 2017, hal 357 : Bandung: PT. Remaja Rosida Karya
Raho, Bernard. ,(2007) Teori Sosiologi Modern 1st ed. John Wolor, ed., AntroUnairdotNet, Vol.VI/No.3/Oktober 2017, hal 357 : Jakarta: Prestasi Pustaka.
Winardi.,(1992) Promosi dan Reklame, AntroUnairdotNet, Vol.VI/No.3/Oktober 2017, hal 357 Winardi. (1992). Promosi dan Reklame, Bandung: CV. Mandar Maju : Bandung: CV. Mandar Maju
Archive Article
Cover Media | Content |
---|---|
![]() Volume : 6 / No. : 3 / Pub. : 2017-03 |
|