AntroUnairDotNet
ISSN 2303-3053
Vol. 5 / No. 3 / Published : 2016-03
Order : 11, and page :518 - 533
Related with : Scholar Yahoo! Bing
Original Article :
Pengelolaan partisipasi, potensi, dan city branding sebagai upaya pengembangan industri pariwisata di kota surabaya
Author :
- David Romandhona*1
- Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Abstract :
Abstract The research titled “The Management of Participation, Potential, and City Branding as effort Tourism Industry Development of the Surabaya City” it is research that uses qualitative descriptive method to get an understanding of a general nature and comprehensive on the existence of city branding “Sparkling Surabaya”. The purpose of this research are (1) to know the form of tourism industry development in Surabaya City. (2) to know the sources of potential tourism which is owned by Surabaya City as supporting the tourism industry development, (3) to know the form of stakeholder participation and involvement in the tourism industry development at Surabaya City. This research was carried out through four stages of the preparatory phase, collecting data, analysis of data, and preparation of the report. This research was conducted in Surabaya City, East Java Province. Source of the data in this research were obtained and collected through observation, in depth interviews, and the rest comes from the documentation like books, archives, journals, as well as the internet. Data was analyzed by reducing the data, presenting data and draw conclusion. Based on this research can be concluded that (1) The city of Surabaya has many advantages (geographical location is strategic, have many the potential of the tourism and culture, infrastructure of tourism is adequate) that can be utilized in order to pack up and developing the tourism industry. (2) City branding “Sparkling Surabaya” was chosen as the central theme of management and development tourism industry of Surabaya City in order to improve the quality and prestige of the Surabaya city’s tourism. (3) Coordination, synergy, and consistency still needed more closely again by the stakeholders in the role as their respective functions in order to realize the expected goals. Keywords: City Branding, Tourism Industry, Development, Role, Potential, Sparkling Surabaya, Stakeholder Abstrak Penelitian yang berjudul “Pengelolaan Partisipasi, Potensi, dan City Branding Sebagai Upaya Pengembangan Industri Pariwisata Di Kota Surabaya” merupakan sebuah penelitian yang menggunakan metode deskriptif kualitatif untuk mendapat pemahaman yang sifatnya umum dan menyeluruh terhadap keberadaan city branding “Sparkling Surabaya”. Penelitian dalam skripsi ini dimaksudkan untuk (1) mengetahui bentuk pengembangan industri pariwisata di Kota Surabaya, (2) mengetahui sumber-sumber potensi kepariwisataan yang dimiliki oleh Kota Surabaya sebagai penunjang pengembangan industri pariwisata, (3) mengetahui peran serta keterlibatan para stakeholder dalam pengembangan industri pariwisata di Kota Surabaya. Penelitian ini dilakukan dengan melalui empat tahapan yaitu tahap persiapan, pengumpulan data, analisis data, dan penyusunan laporan. Penelitian ini dilakukan di wilayah Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dan dikumpulkan melalui kegiatan observasi, wawancara mendalam, dan selebihnya berasal dari data sekunder seperti buku, arsip, jurnal, maupun internet. Analisis data dilakukan dengan cara mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) Kota Surabaya memiliki banyak keunggulan (letak geografis yang strategis, potensi sumber daya pariwisata dan budaya yang banyak, infrastruktur pariwisata yang memadai) yang dapat dimanfaatkan dalam rangka mengemas dan mengembangkan industri pariwisatanya. (2) City branding “Sparkling Surabaya” dipilih sebagai tema sentral pengelolaan dan pengembangan industri pariwisata Kota Surabaya dengan tujuan dapat meningkatkan kualitas dan pamor kepariwisataan Kota Surabaya. (3) Koordinasi, sinergi, dan konsistensi masih diperlukan lebih erat lagi oleh para stakeholder dalam menjalankan peranan sebagaimana fungsinya masing-masing demi mewujudkan tujuan yang diharapkan. Kata Kunci: City Branding, Industri Pariwisata, Pengembangan, Peran, Potensi, Sparkling Surabaya, Stakeholder
Keyword :
City Branding, Stakeholder, Industri Pariwisata, Pengembangan, Peran, Potensi, Sparkling Surabaya, ,
References :
Anshori Y & Satrya ,(2008) Sparkling Surabaya Pariwisata dengan Huruf L. AntroUnairdotNet, Vol.V/No.3/Oktober 2016, hal 532 : Surabaya: Media Bayu Publishing
Pendit, Nyoman S ,(2003) Ilmu Pariwisata Sebuah Pengantar Perdana. AntroUnairdotNet, Vol.V/No.3/Oktober 2016, hal 532 : Jakarta: PT. Pradnya Paramita
Simomura, B ,(2003) Aura Merek: 7 Langkah Membangun Merek yang Kuat. AntroUnairdotNet, Vol.V/No.3/Oktober 2016, hal 533 : Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
Spradley, James P ,(2010) Metode Etnografi AntroUnairdotNet, Vol.V/No.3/Oktober 2016, hal 533 : Yogyakarta:PT. Tiara WacanaYogya
Archive Article
Cover Media | Content |
---|---|
![]() Volume : 5 / No. : 3 / Pub. : 2016-03 |
|