UNIVERSITAS AIRLANGGA



Detail Article

Jurnal Psikologi Klinis dan Kesehatan Mental

ISSN 2301-7082

Vol. 3 / No. 2 / Published : 2014-08

Order : 8, and page :105 - 112

Related with : Scholar   Yahoo!   Bing

Original Article :

Hubungan antara disonansi kognitif dengan keterlibatan siswa dalam menempuh pendidikan formal di lembaga pemasyarakatan anak blitar

Author :

  1. Riris Meru Safitri*1
  2. Tino Leonardi*2
  1. Mahasiswa Fakultas Psikologi
  2. Dosen Fakultas Psikologi

Abstract :

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara disonansi kognitif dengan keterlibatan siswa dalam menempuh pendidikan formal di lembaga pemasyarakatan anak Blitar. Disonansi Kognitif yang dimaksud dalam penelitian ini adalah disonansi kognitif perpaduan teori antara Festinger (1957) dan juga Lee dan Kwon (2001). Keterlibatan siswa yang dimaksud dalam penelitian ini adalah keterlibatan siswa yang diungkapkan oleh Fredricks dkk (2004). Penelitian ini dilakukan pada 34 siswa tingkat SMP di lapas. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Alat pengumpul data menggunakan kuisioner yang disusun sendiri oleh penulis, berupa skala disonansi kognitif yang terdiri atas 25 aitem valid dan skala keterlibatan siswa yang terdiri dari 23 aitem valid. Realibilitas disonansi kognitif yaitu 0,816 dan realibilitas keterlibatan siswa adalah 0,885. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik non parametrik dengan teknik korelasi Spearman’s Rho dan menggunakan bantuan program SPSS 16.0 for windows. Berdasarkan hasil analisis data penelitian, diperoleh taraf signifikansi 0,028 yang menunjukkan bahwa H0 ditolak. Maka, dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara disonansi kognitif dengan keterlibatan siswa dalam menempuh pendidikan formal di lembaga pemasyarakatan anak blitar.

Keyword :

Disonansi kognitif, Keterlibatan siswa, siswa, lembaga pemasyarakatan,


References :

Harris,(2011) Secondary teachers’ conceptions of student engagement: Engagement in learning or in Schooling 27. pp. 376-386 : Journal of Teaching and Teacher Education





Archive Article

Cover Media Content

Volume : 3 / No. : 2 / Pub. : 2014-08
  1. Hubungan Antara Self Efficacy Dengan Kecemasan Pada Remaja Yang Putus Sekolah
  2. Stress Dan Coping Stress Ibu Yang Memiliki Anak Dengan Kelainan Hydrocephalus
  3. Studi Perbandingan Kemampuan Working Memory Pada Pecandu Ganja Dan Non Pecandu Ganja
  4. Hubungan Antara Persepsi Dukungan Sosial Dengan Tingkat Kecemasan Pada Penderita Leukemia
  5. Hubungan Antara Self-efficacy Dengan Perilaku Sehat Pada Penderita Jantung Koroner
  6. Hubungan Antara Gaya Belajar Dengan Metode Pengajaran Guru Sma Di Kawasan Surabaya
  7. Hubungan Antara Faktor Kepribadian Big Five Dengan Perilaku Prososial Pada Mahasiswa Keperawatan
  8. Hubungan Antara Disonansi Kognitif Dengan Keterlibatan Siswa Dalam Menempuh Pendidikan Formal Di Lembaga Pemasyarakatan Anak Blitar