Jurnal Psikologi Klinis dan Kesehatan Mental
ISSN 2301-7082
Vol. 3 / No. 1 / Published : 2014-04
Order : 6, and page :40 - 47
Related with : Scholar Yahoo! Bing
Original Article :
Pengaruh penggunaan film sebagai media belajar terhadap pencapaian higher order thinking skill pada mahasiswa fakultas psikologi unair
Author :
- Rico Anthony Firmansyah*1
- Aryani Tri Wrastari*2
- Mahasiswa Fakultas Psikologi
- Dosen Fakultas Psikologi
Abstract :
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh pemberian film sebagai media belajar terhadap pencapaian Higher Order Thinking Skill pada Mahasiswa Psikologi Universitas Airlangga. Film yang digunakan adalah jenis problematic film yaitu film yang berisi tentang isu-isu atau masalah-masalah sosial, budaya dan sebagainya yang digunakan untuk merangsang kemampuan berpikir kritis siswa. Higher Order Thinking Skill adalah kumpulan ketrampilan berpikir yang terdiri kemampuan analisis, evaluasi dan mencipta. Manipulasi atau perlakukan eksperimen diberikan kepada mahasiswa kelas Andragogi Fakultas Psikologi Universitas Airlangga dengan total subjek adalah 11. Perlakukan diberikan pada dua pokok bahasan, yaitu Experiential Learning dan Reflective Learning. Alat pengumpul data dalam penelitian ini berupa tes essay yang berisi pertanyaan reflective yang mengacu pada taksonomi Bloom level HOT. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik statistik Independent Sample T-Test dengan bantuan program IBM SPSS Statistics 20. Uji Independent Sample T-test menghasilkan nilai t sebesar -0,127 dengan p sebesar 0,08 pada Eksperimen 1 pokok bahasan Experiential Learning, dan nilai t sebesar -1,97 dengan p sebesar 0,90 pada Eksperimen 2 pokok bahasan Reflective Learning. Ini berarti tidak ada pengaruh pemberian film sebagai media pembelajaran pada pencapaian Higher Order Thinking Skill di kedua pokok bahasan yang diteliti. Hasil tersebut bertolak belakang pada penelitian-penelitian sebelumnya, ada beberapa analisa menurut peneliti yaitu,(1) metode baru selalu membutuhkan waktu untuk dikembangkan dan digunakan untuk lebih maksimal dan (2) kurang menariknya film yang digunakan selama proses belajar.
Keyword :
Higher Order Thinking Skill, Film sebagai media pendidikan,
References :
Aditomo ,A., Ayuningtyas, A,(2008) Apakah hubungan antara orientasi belajar dan prestasi akademik tergantung pada konteks Vol 24, hal 56-68 : Indonesian Psychological Journal
Archive Article
Cover Media | Content |
---|---|
![]() Volume : 3 / No. : 1 / Pub. : 2014-04 |
|