UNIVERSITAS AIRLANGGA



Detail Article

Japanology

ISSN 2302-2876

Vol. 5 / No. 1 / Published : 2016-01

Order : 4, and page :35 - 49

Related with : Scholar   Yahoo!   Bing

Original Article :

Konstruksi cerita rakyat jepang (foklor) dalam iklan televisi produk smartphone au tahun 2016

Author :

  1. Shabrina Ethani Aminova*1
  2. Moh. Gandhi Amanullah*2
  1. Mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya
  2. Dosen Fakultas Ilmu Budaya

Abstract :

Jepang merupakan salah satu negara modern yang secara konsisten selalu berusaha mempertahankan nilai budaya tradsionalnya. Salah satu cara untuk mewujudkannya ialah dengan menampilkan unsur cerita rakyat Jepang tradisional ke dalam sebuah iklan telepon seluler yang diiklankan di televisi. Penelitian ini bertujuan untuk mengklarifikasi bagaimanakah cerita rakyat Jepang yang notabene adalah produk budaya tradisional direkonstruksi menjadi iklan telepon seluler au. Obyek yang akan diteliti adalah 34 iklan provider telepon seluler au yang ditayangkan selama tahun 2016.Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Metode yang digunakan adalah metode analisis isi, dan metode deskriptif analisis. Hasilnya, secara kuantitatif tidak ada satupun dari ke-34 iklan yang dianalis menampilkan jalan cerita yang murni sesuai versi aslinya. Au mengembangkan plot cerita asli, bahkan telah menciptakan cerita baru yang beda dengan versi aslinya, meski tokoh yang ditampilkan masih sama. Kedua dilihat secara kualitatif, au merekonstruksi cerita rakyat dengan jalan: mengambil/mengutip hanya beberapa plot saja dari keseluruhan plot cerita rakyat versi asli. Plot yang diambilpun adalah plot-plot yang memiliki citra positif, memiliki adegan yang diperankan oleh karakter atau tokoh-tokoh baik, pemenang atau pahlawan. Sementara plot yang menampilkan citra negatif, seperti tokoh antagonis, jahat atau sejenisnya tidak ditampilkan. Kedua, plot tersebut dikembangkan lagi komponen-komponennya, misalnya: mengganti tokoh dengan tokoh lain, perannya ditambah, jalan ceritanya dibelokkan dan dialognya disesuaikan dengan tujuan promosi iklan tersebut. 

Keyword :

smartphone AU, iklan, budaya Jepang, cerita rakyat, konstruksi,


References :

Danandjaja, James,(2007) Folklor Indonesia: Ilmu Gosip, Dongeng, dan Lain-Lain 1 : Pustaka Umum Grafiti

Eriyanto,(2011) Pengantar Metodologi untuk Penelitian Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya 1 : Kencana Prenada Media Group

Eriyanto,(2013) Analisis Naratif: Dasar-Dasar dan Penerapannya dalam Analisis Teks Berita Media Edisi Pertama 1 : Prenadamedia Group





Archive Article

Cover Media Content

Volume : 5 / No. : 1 / Pub. : 2016-09
  1. Penggambaran Karakter Buddha Di Dalam Film Saint Oniisan
  2. Hanko Vs Sain: Kecenderungan Minat Mahasiswa Universitas Hiroshima Terhadap Pengesahan Dokumen
  3. Ritual Penebangan Pohon Di Desa Kamusari: Sebuah Gambaran Kepercayaan Shinto Dalam Film Wood Job
  4. Konstruksi Cerita Rakyat Jepang (foklor) Dalam Iklan Televisi Produk Smartphone Au Tahun 2016
  5. Kalimat Tanya Negasi Naindesuka Dan Masenka Dalam Drama 31 Sai De Isha Ni Natta Boku
  6. Analisis Gaya Bahasa Pada Yonkoma Manga Seitokai Yakuindomo
  7. Analisis Strategi Off Record Ironi Dalam Tuturan Merendahkan Orang Lain Pada Drama Gakkou No Kaidan
  8. Fungsi Dan Situasi Danseigo Oleh Tokoh Wanita Dalam Anime Genshiken Nidaime Second Season
  9. Relasi Dan Citra Tokoh-tokoh Perempuan Jepang Pada Novel Hado Boirudo Hado Rakku Karya Yoshimoto Banana
  10. Scentia Sexualis Dalam Novel Noruwei No Mori Karya Murakami Haruki
  11. Makna Alam Dalam Kumpulan Haiku Kaeru To Nare Yo Hiyashi Uri Karya Kobayashi Issa