UNIVERSITAS AIRLANGGA



Detail Article

Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan

ISSN 2301-7104

Vol. 4 / No. 3 / Published : 2015-12

Order : 8, and page :210 - 218

Related with : Scholar   Yahoo!   Bing

Original Article :

hubungan antara identitas peran pekerja dengan keterlibatan ibu yang bekerja pada pendidikan anak usia dini

Author :

  1. Titin Ayunda E.W*1
  2. Nur Ainy Fardana Nawangsari*2
  1. Mahasiswa Fakultas Psikologi
  2. Dosen Fakultas Psikologi

Abstract :

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara identitas peran pekerja dengan keterlibatan orang tua pada ibu yang bekerja. Subjek penelitian ini adalah ibu yang bekerja dan memiliki anak usia 4-6 tahun dengan jumlah subjek sebanyak 55 orang. Penelitian ini menggunakan alat ukur yang disusun berdasarkan teori identitas peran Stryker (2000) dan keterlibatan Hoover-dempsey (1997). Identitas adalah harapan peran yang dinternalisasikan oleh individu sebagai bagian dari dirinya. Manusia hidup di dalam masyarakat dan memainkan peran-peran. Pada setiap peran yang dimainkan terdapat identitas yang berkaitan dengan peran tersebut.identitas yang dimiliki individu tersusun dalam sebuah salience hierarchy. Semakin menonjol suatu identitas semakin sering individu memunculkan perilaku terkait dengan peran tersebut. Keterlibatan di definisikan sebagai partisipasi yang dilakukan oleh orang tua dalam proses pendidikan anaknya. keterlibatan ibu dalam proses pendidikan anaknya berupa home-based involvement dan school-based involvement.Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan metode non probality sampling (purposive sampling). Analisis data menggunakan teknik korelasi Spearman’s Rho dengan bantuan program SPSS versi 16.Hasil penelitian menunjukkan tidak ada hubungan antara identitas peran pekerja dengan keterlibatan ibu yang bekerja dengan taraf signifikansi (p. Sig) > 0,05 yaitu 0,375.

Keyword :

Identitas, Keterlibatan, Ibu yang Bekerja.,


References :

Arnold, D.H., Zeljo, A., Doctoroff, G.L., & Ortiz, ,(2008) Parent Involvement in Preschool: Predictors and The Relation of Involvement to Preliteracy Development. Vol. 37, No. 1. : School Psychology Review,





Archive Article

Cover Media Content

Volume : 4 / No. : 3 / Pub. : 2015-12
  1. Perbedaan Gaya Penyelesaian Konflik Dengan Mertua Pada Menantu Perempuan Yang Bekerja Dan Menantu Perempuan Yang Tidak Bekerja
  2. Perbedaan Self-regulated Learning Pada Mahasiswa Universitas Airlangga Ditinjau Dari Status Perkawinan Dan Goal Orientation
  3. Hubungan Antara Persepsi Keterlibatan Ayah Dalam Pengasuhan Dengan Kesejahteraan Psikologis Pada Remaja Di Smk Negeri X Surabaya
  4. Hubungan Antara Perfeksionisme Dengan Perencanaan Karir Pada Siswa Cerdas Istimewa Sman 5 Surabaya
  5. Hubungan Antara Self Esteem Dengan Kecenderungan Sibling Rivalry Pada Remaja
  6. Paradigma Belajar Guru Bersertifikasi
  7. Perbedaan Intimasi Ditinjau Dari Gender Yang Dilakukan Oleh Butchy Dan Femme Pada Perempuan Lesbian Dewasa Awal
  8. Hubungan Antara Identitas Peran Pekerja Dengan Keterlibatan Ibu Yang Bekerja Pada Pendidikan Anak Usia Dini