Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan
ISSN 2301-7104
Vol. 4 / No. 3 / Published : 2015-12
Order : 6, and page :195 - 201
Related with : Scholar Yahoo! Bing
Original Article :
paradigma belajar guru bersertifikasi
Author :
- Nur Prima Larast*1
- Aryani Tri Wrastar*2
- Mahasiswa Fakultas Psikologi
- Dosen Fakultas Psikologi
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui paradigma belajar pada guru bersertifikasi. Paradigma belajar yang dimaksud adalah paradigma yang dikaitkan pada paradigma belajar lama yang mengacu pada pemenuhan in-sevice training dalam pemenuhan standar guru profesional yang dicanangkan oleh pemerintah dan paradigma baru yang mengacu pada belajar dalam rangka menghadapi tantangan yang akan dihadapi oleh para siswa. Penelitian dilakukan pada guru bersertifikasi. Subjek penelitian ini berjumlah tiga orang guru bersertifikasi. Tipe penelitian ini adalah kualitatif, dengan metode yang dipilih adalah studi kasus. Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa paradigma belajar guru bersertifikasi masih dominan dalam paradigma belajar lama, yaitu adanya penekanan pentingnya guru memiliki pengetahuan baik yang diperoleh melalui pelatihan pre-service dan in-service, tujuannya meyakinkan bahwa mereka memiliki standar dasar menjadi guru yang profesional. Sisi lain juga menunjukkan, bahwa di dalam diri guru memiliki keinginan bukan hanya sekedar pengajaran dan pembelajarannya untuk memenuhi pelatihan in-service yang ada, namun, juga mementingkan suatu ketepatan pembelajaran sesuai dengan karakteristik siswanya, berdasarkan pengalaman belajarnya. Hal tersebut mengacu pada paradigma belajar baru yang memperhatikan adanya tantangan yang dihadapi sekolah, lingkungan
Keyword :
Paradigma belajar, Sertifikasi guru,
References :
Yeigh, T,(2008) Quality Teaching&Professional Learning: Uncritical Reflections of a Critical Friend. Vol.33 : Australian Journal of Teacher Education.
Archive Article
Cover Media | Content |
---|---|
![]() Volume : 4 / No. : 3 / Pub. : 2015-12 |
|