Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan
ISSN 2301-7104
Vol. 4 / No. 3 / Published : 2015-12
Order : 2, and page :164 - 172
Related with : Scholar Yahoo! Bing
Original Article :
perbedaan self-regulated learning pada mahasiswa universitas airlangga ditinjau dari status perkawinan dan goal orientation
Author :
- Herlin Fitrian*1
- Endah Mastut*2
- Mahasiswa Fakultas Psikologi
- Dosen Fakultas Psikologi
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah terdapat perbedaan self-regulated learning pada mahasiswa ditinjau dari status perkawinan dan goal orientation. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa Universitas Airlangga Surabaya dengan jumlah subjek penelitian sebanyak 94 orang. Data diperoleh menggunakan metode survei yang menggunakan skala self-regulated learning (Ayu, 2009) yang terdiri dari 36 aitem dan skala goal orientation (VandeWalle, 1997) yang terdiri dari 13 aitem. Analisis data dilakukan menggunakan metode two-way ANOVA. Hasil uji hipotesis mayor menunjukkan nilai F=8,303 dan signifikansi 0,000, yang berarti terdapat perbedaan SRL pada mahasiswa ditinjau dari status perkawinan dan goal orientation. Hasil uji hipotesis minor 1 menunjukkan nilai F=49,685 dan signifikansi 0,000, yang berarti terdapat perbedaan SRL pada mahasiswa ditinjau dari status perkawinan. Hasil uji hipotesis minor 2 menunjukkan nilai F=11,537 dan signifikansi 0,000, yang berarti terdapat perbedaan SRL pada mahasiswa ditinjau dari goal orientation.
Keyword :
Self-Regulated Learning, Status Perkawinan, Goal Orientation,
References :
Lasode, A. O. & Awotedu, F,(2014) Challenges faced by married university undergraduate female student in ogun state, nigeria. 112, 102-113. : Social and Behavioral Science. 1
Archive Article
Cover Media | Content |
---|---|
![]() Volume : 4 / No. : 3 / Pub. : 2015-12 |
|