Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan
ISSN 2301-7104
Vol. 6 / No. 1 / Published : 2017-12
Order : 6, and page :65 - 71
Related with : Scholar Yahoo! Bing
Original Article :
Hubungan antara self-esteem dengan flow akademik pada siswa cerdas istimewa
Author :
- Nadiah Rifdah Fauziyah Djau*1
- Rudi Cahyono*2
- Mahasiswa Fakultas Psikologi
- Dosen Fakultas Psikologi
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara self-esteem dengan flow akademik pada siswa cerdas istimewa. Subjek pada penelitian ini adalah siswa sekolah menengah pertama (SMP) cerdas istimewa yang berada pada kelas khusus dan berjumlah 59 siswa. Alat ukur berupa kuesioner Coopersmith Self-esteem Inventory milik Coopersmith untuk mengukur self-esteem dan alat ukur flow akademik yang disusun oleh peneliti sendiri berdasarkan teori flow milik Csikszentmihalyi (1990). Analisis data dilakukan dengan teknik statistik korelasi Spearman’s rho dengan bantuan program SPSS 24 for Mac. Hasil dari penelitian ini diperoleh nilai signifikansi antara variabel self-esteem dengan flow akademik sebesar 0,002 yang berarti lebih kecil dari 0,05 dan memiliki nilai korelasi 0,403. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara self-esteem dengan flow akademik pada siswa cerdas istimewa. Hubungan yang dimiliki pun bersifat positif, yang berarti semakin tinggi self-esteem yang dimiliki siswa maka semakin tinggi flow akademiknya.
Keyword :
Flow Akademik, Self-esteem, Siswa Cerdas Istimewa,
References :
Archive Article
Cover Media | Content |
---|---|
![]() Volume : 6 / No. : 1 / Pub. : 2017-12 |
|