UNIVERSITAS AIRLANGGA



Detail Article

Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan

ISSN 2301-7104

Vol. 6 / No. 1 / Published : 2017-12

Order : 1, and page :1 - 10

Related with : Scholar   Yahoo!   Bing

Original Article :

Hubungan antara self-esteem dengan kecenderungan perilaku bullying pada remaja sma surabaya

Author :

  1. Latifa Zahra *1
  2. Rudi Cahyono*2
  1. Mahasiswa Fakultas Psikologi
  2. Dosen Fakultas Psikologi

Abstract :

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara Self-esteem dengan Kecenderungan Perilaku Bullying pada Remaja SMA di Surabaya. Coopersmith (1967) mendefinisikan self-esteem sebagai evaluasi menyeluruh mengenai diri, menunjukkan tingkat seberapa individu memandang dirinya mampu, berarti bagi orang lain, sukses dan berharga. Self-esteem memiliki 4 dimensi; significance, competence, power dan virtue. Bullying didefinisikan sebagai kekuatan atau status untuk mengintimidasi, melukai, atau menghina orang lain yang memiliki kekuatan atau status yang lebih rendah. Penelitian ini dilakukan pada 138 siswa SMA di Surabaya. Alat pengumpul data berupa kuesioner self-esteem yang terdiri dari 58 butir termasuk 8 butir lie scale dan kuisioner kecenderungan perilaku bullying yang disusun berdasarkan jenis bullying milik Regoli dan terdiri dari 41 butir. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis statistik korelasi product moment Pearson, dengan bantuan program statistik SPSS 16.00 for Windows. Dari hasil analisis data penelitian diperoleh nilai korelasi antara Self-esteem dengan Kecenderungan Perilaku Bullying pada Remaja SMA di Surabaya yaitu sebesar -0,084 dan kekuatan nilai koefisien korelasi pada dimensi significance sebesar 0,008, dimensi competence sebesar -0,068, dan dimensi power sebesar -0,097 dan dimensi virtue sebesar -0,038 yang berarti sangat lemah. Hal ini menunjukkan bahwa tidak terdapat korelasi yang signifikan antara self-esteem dengan kecenderungan perilaku bullying.

Keyword :

kecenderungan perilaku bullying, remaja, self-esteem,


References :

C.O’Flaherty, P. Rodriguez ,S. Srivastava .,(2004) L-Arginine promotes capatitation and acrosome reaction in cryopreserved bovine spermatozoa. 1674: 215– 221 : Biochimica et Biophysica Acta

D’Alessandro A.G.,Martemucci G., Colonna M.A., Belitti A. ,(2001) D’Alessandro A.G.,MartePost-thaw survival of ram spermatozoa and fertility after insemination as effected by prefreezing sperm concentration and extender composition. 55(5): 1159-1170. : Theriogenology

Guthrie HD,Welch GR. ,(2012) Effects of reactive oxygen species on sperm funtion. SciVerse Science Direct. 78:1700 - 1708. : Theriogenology

Herdis,M.Surachman,I.Kusuma dan E.R.Suhana. ,(1999) Herdis,M.SurPeningkatan efisiensi reproduksi sapi melalui penerapan teknologi penyerentakan berahi. 9(1): 1 – 6. : Wartazoa.

Patel, A.B., Srivastava, S., Phadke, R.S., Govil, G., ,(1998) Patel, A.B., Srivastava, S., PhadArginin Activates Glycolysis of Goat Epididymal Spermatozoa: an NMR study, 75: 1522-152



Archive Article

Cover Media Content

Volume : 6 / No. : 1 / Pub. : 2017-12
  1. Hubungan Antara Self-esteem Dengan Kecenderungan Perilaku Bullying Pada Remaja Sma Surabaya
  2. Psychological Well Being Pada Siswa Tunanetra
  3. Pengaruh Kecerdasan Emosi Dan Efikasi Diri Terhadap Stres Akademik Siswa Di Madrasah Aliyah Nurul Islam Desa Bades Kecamatan Pasirian Kabupaten Lumajang
  4. Pengaruh Konsep Diri Akademik Dan Interaksi Teman Sebaya Terhadap Prestasi Akademik Matematika Siswa Sma Xyz Sidoarjo
  5. Pengaruh Efikasi Kolektif Terhadap Kepemimpinan Guru Di Sekolah Menengah Kejuruan (smk) Swasta Kota Surabaya
  6. Hubungan Antara Self-esteem Dengan Flow Akademik Pada Siswa Cerdas Istimewa
  7. Pengaruh Persepsi Mengenai Lingkungan Belajar Dan Achievement Emotion Terhadap Achievement Goal Siswa Di Sman 1 Taman Siodarjo
  8. Pengaruh Big Five Personality Dan Self Regulated Learning Pada Prestasi Akademik Siswa Sma Negeri Di Kota Tarakan