Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan
ISSN 2301-7104
Vol. 8 / No. 1 / Published : 2019-03
Order : 8, and page :80 - 89
Related with : Scholar Yahoo! Bing
Original Article :
Hubungan classroom climate dengan classroom incivility siswa sma di surabaya
Author :
- Anggita Putri Fatmawati*1
- Dewi Retno Suminar*2
- Mahasiswa Fakultas Psikologi
- Dosen Fakultas Psikologi
Abstract :
Classroom incivility didefinisikan sebagai setiap perilaku mengganggu pembelajaran, proses mengajar di kelas, mengganggu keharmonisan yang dapat menghambat perilaku kooperatif dalam lingkungan belajar yang dilakukan siswa (Feldmann, 2016). Menurut Moos (1997) dalam (Hadiyanto, 2016) iklim kelas diasumsikan seperti halnya kepribadian pada manusia, ada yang berorientasi pada tugas, demokratis, formal, terbuka, dan tertup. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara classroom climate dengan classroom incivility pada siswa SMA di Surabaya. Pengambilan sampel dari populasi tersebut menggunakan teknik probability sampling yaitu cluster sampling. Alat ukur Learning Environment Inventory (LEI) yang dikembangkan oleh Fraser (1982) dalam (Fraser, 1982) untuk memperoleh data classroom climate dan memiliki koefisien reliabilitas cronbach alpha sebesar 0,639. Alat ukur classroom incivility dikembangkan dari empat kategori yang telah dikemukakan Feldmann (2016) dengan reliabilitas cronbach alpha sebesar 0,753. Hasil analisis variabel penelitian menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,154. Hasil tersebut menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan antara classroom climate dengan classroom incivility pada siswa SMA di Surabaya.
Keyword :
classroom climate, classroom incivility,
References :
Burke, L. A. (2014). Classroom incivility: A Domain Review. Journal of Management Education University of Tennessee & University of Wollongong, 160–190.
Feldmann, L. J. (2016). Classroom Civility is Another of Our Instructor Responsibilities. College Teaching, 137-140.
Archive Article
Cover Media | Content |
---|---|
![]() Volume : 8 / No. : 1 / Pub. : 2019-03 |
|