Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan
ISSN 2301-7104
Vol. 8 / No. 1 / Published : 2019-03
Order : 7, and page :69 - 79
Related with : Scholar Yahoo! Bing
Original Article :
Hubungan persepsi iklim sekolah dengan keterlibatan orang tua dalam pendidikan anak dengan gangguan spektrum autisme (gsa)
Author :
- Fatayati Fajrin*1
- Tino Leonardi*2
- Mahasiswa Fakultas Psikologi
- Dosen Fakultas Psikologi
Abstract :
Anak dengan Gangguan Spektrum Autisme (GSA) identik memiliki kesulitan komunikasi, belajar, dan bersosialisasi. Tingkat prognosisnya yang rendah, menambah urgensi peran orang tua untuk terlibat dalam pendidikan anak baik di sekolah maupun di rumah. Persepsi orang tua terhadap iklim sekolah merupakan salah satu faktor yang dapat memengaruhi keputusan orang tua untuk terlibat. Penelitian ini akan menguji hubungan persepsi iklim sekolah dengan keterlibatan orang tua dalam pendidikan anak dengan GSA. Dengan menggunakan teknik cluster random samping, diperoleh 15 SDN inklusi dari seluruh kawasan kota Surabaya. Jumlah responden mencapai 41 didominasi oleh ibu (95,1%). Skala penelitian menggunakan hasil adaptasi Parent’s perception of school climate Schueler, dkk. (2014) dan hasil modifikasi (penyesuaian beberapa aitem) penulis pada skala keterlibatan orang tua (Wulandari, 2014). Analisis product moment menunjukkan r = .43, p < .05, mengindikasikan terdapat korelasi sedang dengan arah positif. Dengan demikian, kondisi sekolah anak menjadi hal yang perlu dipertimbangkan agar keterlibatan dapat berjalan efektif.
Keyword :
anak dengan gangguan spektrum autisme (gsa), keterlibatan orang tua, persepsi iklim sekolah, sekolah inklusi,
References :
Magwa, S., & Mugari S. (2017). Factors affecting parental involvement in the schooling of children. International Journal of Academic Research and Reflection, 5(1), 74-82.
Murray, K. W., Finigan-Carr, N., Jones, V., Copeland-Linder, N., Haynie, D. L., & Cheng, T. L. (2014). Barriers and facilitators to school-based parent involvement for parents of urban public middle school students. SAGE Open, 4(4), 1-21. doi:2158244014558030.
Archive Article
Cover Media | Content |
---|---|
![]() Volume : 8 / No. : 1 / Pub. : 2019-03 |
|