UNIVERSITAS AIRLANGGA



Detail Article

Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan

ISSN 2301-7104

Vol. 7 / No. 6 / Published : 2018-12

Order : 3, and page :18 - 28

Related with : Scholar   Yahoo!   Bing

Original Article :

Penerapan program “sayangi diriku” melalui metode story telling untuk meningkatkan pengetahuan personal body safety pada anak usia 7 tahun di sekolah dasar

Author :

  1. Shella Es Shabarina *1
  2. Duta Nurdibyanandaru*2
  1. Mahasiswa Fakultas Psikologi
  2. Dosen Fakultas Psikologi

Abstract :

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah program “Sayangi Diriku” dapat meningkatkanpengetahuan personal body safety pada anak usia 7 tahun di Sekolah Dasar. Pada penelitian ini jumlahsubjek sebanyak 16 orang dan berjenis kelamin perempuan danl aki-laki. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode pra-eksperimental dengan menggunakan one-group pretest-posttest design. Pengumpulan data menggunakan alat ukur personal body safety yang dibuat oleh Permatasar iuntuk mengukur pengetahuan personal body safety yang berjumlah 24 aitem (Permatasari, 2017). Berdasarkan hasil uji perbedaan dua rerata menggunakan Paired T-Test,didapatkan nilai signifikansi sebesar 0,000 dan perbedaan dua rerata sebesar 7,81. Hal inimenunjukkan bahwa terdapat peningkatan pengetahuan personal body safety pada anak usia 7 tahun di Sekolah Dasar.

Keyword :

personal body safety, storytelling, 7 years,


References :

Finkelhor, D. (2009). The prevention of childhood sexual abuse. The Future of Children, 19(2),169-194.





Archive Article

Cover Media Content

Volume : 7 / No. : 6 / Pub. : 2018-12
  1. Ketangguhan Akademik (academic Hardiness) Remaja Yang Mengalami Ketidakhadiran Ayah
  2. Hubungan Antara Kematangan Emosi Dan Intensi Berselingkuh Pada Individu Dewasa Awal Yang Sudah Menikah
  3. Penerapan Program “sayangi Diriku” Melalui Metode Story Telling Untuk Meningkatkan Pengetahuan Personal Body Safety Pada Anak Usia 7 Tahun Di Sekolah Dasar
  4. Gambaran Self Efficacy Pada Mahasiswa Tunanetra
  5. Pengaruh Gaya Pengasuhan Otoritatif Dan Dukungan Sosial Orangtua Terhadap Academic Hardiness Siswa Kelas Vi
  6. Peran Orang Tua Yang Memiliki Anak Sebagai Pengendara Sepeda Motor Di Bawah Umur